Kepala Daerah Baiknya Jangan Jadi Timses Jurkam

60 0

BOGOR-Ikhtiar kedua pasangan calon presiden dan koalisi partai pengusung bisa dipastikan bakal mengerahkan semua sumber dayanya untuk memenangkan pertarungan Pilpres 2019. Salah satu infrastruktur milik partai dan mempunyai peran strategis dalam menguatkan dukungan pemilih adalah kepala daerah.

“Betul mayoritas kepala daerah itu kader atau diusung partai politik. Dan pasangan capres pun usungan partai politik . Secara etika dan tugas seorang kepala daerah memang harus membantu partainya. Tapi posisi kepala daerah saat ini sudah menjadi milik rakyat, bukan partai lagi,” kata Pengamat politik dari Universitas Djuanda Bogor, Beddy Irawan saat dihubungi Polbo melalui telepon, Rabu, 5 September 2018.

Baca juga : Survei Tiga Lembaga, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Melejit

Menurut Beddy, dalam proses pilkada partai politik berkewajiban mengusung calon kepala daerah, baik dari kalangan internal maupun eksternal. Setelah calonnya itu terpilih, lanjut dia, maka kepala daerah secara otomatis menjadi milik publik. Untuk itu, kepala daerah harus mengabdikan dirinya untuk kepentingan rakyatnya.

“Jadi pasangan calon presiden dan partai pengusung sebaiknya tidak melibatkan kepala daerah, baik sebagai juru kampanye atau tim sukses salah capres,” ujar Beddy.

Ia mengatakan, tugas utama kepala daerah adalah melayani dan memprogramkan kebutuhan masyarakatnya. Baik dan buruk suatu pemerintahan, lanjut Beddy, dinilai dari kinerja serta prestasi pemimpinnya. “Menjadi jurkam atau tim sukses capres, lanjutnya, bukan tugas utama seorang kepala daerah.”

Klik juga : Emak-emak di Bogor Idolakan Sandiaga Uno

Cawapres Sandiaga Uno mengaku sepakat untuk tidak meminta atau memaksa kepala daerah menjadi jurkam pada Pilpres nanti.  Ia mengatakan, tugas kepala daerah sudah banyak. Mereka dituntut menjalankan roda pemerintahan dengan sebaiknya.

“Jadi jangan ditambah lagi beban mereka untuk menjadi Jurkam, kasihan. Biarkan kepala daerah fokus mengurusi daerahnya,” kata Sandiaga di sela acara pengukuhan pengurus HIPMI Kota Bogor  di IPB International Conference Centre, baru-baru ini.

M.A MURTADHO | AS

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *