Ada Caleg Curhat Soal Serangan Fajar, Begini Jawaban Bawaslu Kota Bogor

46 0

BOGOR-Fenomena Serangan Fajar atau politik uang merupakan taktik “hantu”untuk meraih kursi anggota legislatif. Operasi senyap membeli suara pemilih tersebut dilakukan pagi hari sebelum masyarakat mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS).

Karena sedikit fakta dan pelaporan yang disertai bukti otentik, Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota Bogor justru menyebut adanya serangan fajar dilakukan oknum caleg pada hari pencoblosan 17 April lalu sebagai informasi bohong.

“Isu serangan fajar hanya mengada-ada. Itu berita hoax belaka. Panwas melakukan patroli dan sudah siap mengantisipasinya sejak tiga hari masa tenang, ” kata Ketua Bawaslu Kota Bogor, Yustinus Elias Mau kepada Polbo di Bogor, kemarin.

Ia menegaskan, pihaknya sampai hari H pencoblosan tidak menemukan adanya oknum caleg atau tim sukses yang melakukan serangan fajar. Bawaslu minta masyarakat atau caleg yang merasa dirugikan untuk melapor dan membuktikannya. “Coba dbuktikan supaya kami bisa menindaknya.”

Yustinus menyebut, jika ada saksi yang mengetahui terjadi politik uang dan tidak melapor ke Bawaslu, jangan menyalahkan atau mempertanyakan kinerja lembaganya. “Itu kesalahan mereka kenapa tidak lapor ke Bawasl.”

Menurut Yustinus, serangan fajar itu hanya isu dan penggiringan opini yang sengaja dihembuskan karena tidak siap menerima kenyataan hasil pemilu. “Jadi tidak ada serangan fajar dan kalaupun ada pasti sudah di tindaklanjuti,” tegasnya.

Alasan Yustinus berani memastikan tidak adanya serangan fajar, karena panitia pengawas yang ada di TPS, pengawas di kelurahan serta pengawas di kecamatan dan semua unsur panitia penyelenggara di Bawaslu ada di lapangan.

“Semua melakukan pengawasan dan bekerja sesuai amanat dan yang diperintahkan. Bahkan, mereka tidur dirumah pengawas TPS dan tidak menemukan adanya dugaan serangan fajar,” pungkas Yustinus.

Jawaban Ketua Bawaslu tersebut terkait pengakuan seorang caleg DPRD Kota Bogor yang menyebut ada oknum caleg rivalnya diduga melakukan serangan fajar.

 

M.A MURTADHO | ARIE SURBAKTI

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *