Airlangga-Prabowo Bahas Fondasi Kebangsaan Ke Depan

AvatarPosted on at 00:22
46 0

Jakarta  –  Walau terkesan mendadak namun Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 6 Juli 2020.

Menurut Prabowo, pertemuan tertutup ini membahas kebangsaan hingga kemungkinan kerja sama Golkar dan Gerindra, sementara menurut Airlangga pertemuan ini merupakan pembahasan fondasi dari politik ke depan.

Berdasar catatan, pertemuan ini merupakan kunjungan balasan dari Airlangga yang sebelumnya di kunjungi Prabowo di Kantor Pusat Golkar. “Ïni merupakan kunjungan balasan Ketua Umum Golkar, karena sebelumnya pak Prabowo sudah mengunjungi mereka, dan kini mereka berkunjung ke rumah kediaman pak Ketum,” ujar Waketum Gerindra, Ahmad Sufmi Dasco Ahmad

Seusai pertemuan menurut Prabowo “Tadi kita menukar pandangan membahas beberapa hal menyangkut kebangsaan hubungan strategis, sampai dengan kemungkinan-kemungkinan bagaimana ke depan kita berkerja sama antara Golkar dan Gerindra, khususnya mungkin pilkada-pilkada tertentu,” ujar Prabowo

Diakui Prabowo, di beberapa daerah, Gerindra dan Golkar terdapat kecocokan. Soal ada perbedaan, menurut Prabowo itu sebagai hal biasa dalam demokrasi. “Di beberapa tempat, kita cocok, di beberapa tempat kita setuju, soal perbedaan, tidak ada masalah karena ini demokrasi Indonesia yang penuh kekeluargaan persaingan, perbedaan. Tapi di ujungnya kita semua komit pada persatuan bangsa, komit pada kepentingan bangsa, kepentingan rakyat, jadi kita ingin demokrasi nanti semarak tapi sejuk,” ujar Prabowo.

Pada kesempatan yang sama, Airlangga mengatakan Golkar dan Gerindra saat ini sama-sama mendukung Kabinet Indonesia Maju. Maka, menurutnya, dalam situasi COVID-19, stabilitas politik menjadi hal yang paling penting.

“Karena Partai Golkar dan Gerindra sama-sama di pemerintah, sama-sama mendukung di kabinet Indonesia maju dan tentunya dalam situasi pandemi COVID stabilitas politik menjadi penting, karena stabilitas politik akan semakin baik dalam mempersolid pemerintah,” jelas Airlangga.

Airlangga juga menegaskan perbedaan dalam pilkada menjadi sebuah hal yang wajar. Namun, menurutnya, Golkar dan Gerindra sepakat untuk mendukung dan menjaga NKRI.

“Menggarisbawahi apa yang disampaikan Bapak Prabowo, bahwa perbedaan dalam pilkada itu sesuatu yang normal dan wajar-wajar saja, tetapi kita sepakat bahwa kita semua mendukung dan menjaga persahabatan, menjaga NKRI, dan kita berjuang untuk kemajuan Indonesia. Jadi lebih banyak persamaan daripada perbedaan,” tuturnya

Airlangga juga mengatakan komunikasi politik saat ini menjadi fondasi untuk menyambut kontestasi politik mendatang. “Kami juga bersepakat dalam pembahasan bahwa kita akan memperhatikan dan mempelajari dan membuat tim untuk UU yang berkait partai politik, terkait pemilu legislatif, pemilukada, dan pemilu presiden ke depan, karena ini merupakan fondasi daripada politik ke depan,” kata Airlangga seusai pertemuan.

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *