Apakah Indonesia Dapat Izin Berangkatkan Jamaah Umroh ?

AvatarPosted on at 02:11
16 0

Jakarta  –  Harap-harap cemas. Itulah kondisi saat ini yang dihadapi umat muslim di Tanah Air, yang berharap Pemerintah Arab Saudi mengizinkan Negeri dengan penduduk muslim nya yang terbesar ini, dapat memberangkatkan jamaah umroh. Harapan tersebut, menyusul pengumuman Pemerintah Arab Saudi, yang akan kembali membuka penyelenggaraan umroh secara bertahap.

Menurut Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus M Arfi Hatim, dalam waktu dekat ini, Pemerintah Arab Saudi akan merilis daftar negara yang diizinkan memberangkatkan jamaah umroh yang rencananya akan dibuka mulai 4 Oktober 2020, mendatang.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) menyambut baik kebijakan Pemerintah Arab Saudi dan tengah menyiapkan aturan tentang ibadah umroh di masa pandemi Covid-19, ini. Bahkan untuk itu, Pemerintah Indonesia terus menjalin komunikasi dan koordinasi melalui perwakilan Pemerintah Indonesia di Arab Saudi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Mudah-mudahan Indonesia termasuk yang diizinkan untuk memberangkatkan jamaah umroh,” tutur Arfi di Jakarta, kemarin. Selain itu, Kemenag juga tengah menyiapkan regulasi umroh di masa pandemi. Regulasi ini dibutuhkan karena akhir dari pandemi Covid-19 ini, belum diketahui.

Selain itu, negara kita juga harus hadir dalam rangka memberikan pelayanan, pembinaan, dan pelindungan kepada jamaah umroh. Regulasi ini, kata Arfi, akan menitikberatkan pada aspek kesehatan dan keselamatan jamaah.

Beberapa yang sedang dibahas antara lain terkait penerapan protokol kesehatan serta batasan usia dan ketentuan tentang penyakit bawaan/penyerta. Termasuk juga aturan skema transportasi dan aspek pelayanan lainnya yang diberikan oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU).

“Pembahasan regulasi ini melibatkan lintas kementerian dan lembaga terkait, terutama Kemenkes, Kemenhub, Kemenlu dan Satgas Penanganan Covid-19. Tentu asosiasi PPIU juga akan dilibatkan,” katanya.

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *