Berkah Pemilu 2019 Serentak, PKS Naik Tahta

AvatarPosted on at 23:39
56 0
 CIBINONG-Perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera(PKS) di sejumlah daerah benar-benar melejit. Padahal, partai dakwah ini sempat diremehkan dan bahkan disebut sulit menembus ambang batas 4 persen. Dalam perhitungan suara  di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor,PKS mengklaim berhasil meraih sembilan kursi DPRD Kabupaten Bogor. Artinya, PKS naikh tahta ke level pimpinan dewan.
Adapun untuk raihan kursi DPR RI, PKS hanya sanggup mengantarkan satu calonnya ke Senayan, sedangkan untuk DPRD Jawa Barat, PKS dari Dapil Kabupaten Bogor, diprediksi bakal meraih dua kursi. Hingga Senin (6/5) malam, pleno penghitungan suara di KPU Kabupaten Bogor masih berlangsung.
“Data sembilan kursi itu mengacu pada data tabulasi internal PKS yang sudah mencapai 100 persen. Jumlah suara yang didapatkan pun sudah dibagi berdasarkan perhitungan sainte lague,” kata Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor, Agus Salim, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Harian Sederhana, Senin (06/05).
Sembilan kursi yang diraih PKS, kata Agus berasal dari, Dapil I,II dan VI, sedangkan tiga Dapil lainnya, yakni III, IV dan V masing-masing satu kursi. “Nah setelah disimulasikan perolehan kursi DPRD untuk semua partai politik, Insya Allah PKS ada pada posisi kedua berdasarkan jumlah kursi  di DPRD dan berhak atas kursi pimpinan,” ujarnya.
Agus menjelaskan, untuk kursi DPR RI Dapil Jawa Barat V (Kabupaten Bogor), PKS merebut 1 kursi dengan raihan 325.524 suara. Sementara di DPRD Provinsi Jawa Barat VI meraih 2 kursi dengan raihan 376.769 suara. “Untuk DPR RI suara PKS mencapai 12 persen, Jawa Barat 15 persen dan Kabupaten Bogor 13 persen,” katanya.
Agus menegaskan, raihan suara 12 persen di Kabupaten Bogor sudah sesuai target yang ditetapkan saat musyawarah daerah (Musda) IV. “Hasil ini merupakan amanah yang tentunya harus dijaga dan dipertahankan untuk Pemilu 2024 mendatang,” terangnya.
Sekretaris DPD PKS Wasto Sumarno mengklaim, tingginya suara partai pada Pileg 2019 ini tak lepas dari kerja keras semua kader dari berbagai tingkatan. “Kami juga tentunya tak melupakan peran besar warga Bumi Tegar Beriman yang berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan mencoblos gambar maupun Caleg PKS,” katanya.
Wasto pun mengapresiasi, peran para saksi partai yang tak kenal lelah bertugas menjaga suara partai sejak perhitungan di tingkat TPS sampai pleno di PPK. “Tugas saksi tidaklah ringan, apalagi untuk wilayah seluas Kabupaten Bogor yang memiliki 15 ribu TPS dengan jumlah hak pilih mencapai 3,5 juta lebih, tapi saksi kami penuh dedikasi menjaga dan mengawal suara sampai rapat pleno di KPU,” tutupnya.
HARIAN SEDERHANA | ARIE SURBAKTI

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *