Betulkah Indonesia Sudah Menemukan Obat Anti Covid-19

AvatarPosted on at 05:44
22 0

Jakarta  –  Disatu sisi, berita tersiar yang viral di berbagai media terkait kabar Indonesia sudah menemukan obat penangkal untuk virus corona (Covid-19) sangat membahagiakan seluruh masyarakat. Namun, pengakuan dan hasil uji laboratorium khususnya di organisasi kesehatan dunia (WHO) masih dinanti untuk di legalkan.

Berdasarkan pemberitaan seperti dirilis wartaekonomi.co.id dijelaskan bahwa kolaborasi antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Intelijen Negara (BIN), dan Universitas Airlangga (Unair) telah berhasil menemukan obat untuk Covid-19 setelah melalui proses riset yang cukup panjang.

Dikatakan peneliti Unair, dr. Purwanti, kombinasi obat telah efektif membunuh virus Corona dari tubuh penderita dalam jangka waktu hingga 72 jam. Menurutnya pengobatan ini tentunya diharapkan bisa segera diaplikasikan mengingat terapi tersebut dilakukan dengan menggunakan obat yang sudah beredar di masyarakat.

Menurut dr. Purwanti peneliti Unair itu, Minggu 14 Juni 2020 dalam keterangannya, “Dari 14 regimen obat yang telah kami teliti akhirnya kita mendapatkan lima kombinasi regimen obat yang mempunyai potensi dan efektivitas yang cukup bagus untuk menghambat virus itu masuk ke dalam sel target dan juga untuk menghambat atau menurunkan pengembang-biakan dari virus itu di sel,” katanya

“Hal ini kita ikuti secara bertahap. Mulai dari 24 jam, 48 jam, dan 72 jam, dan hasilnya virus tersebut yang jumlahnya dari ratusan ribu menjadi tidak terdeteksi. Jadi, ada lima macam kombinasi nya,” ujar Purwanti.

Sementara itu, dalam keterangan Sekretaris BIN, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo berharap, hasil riset dari kombinasi obat dan pengobatan ini bisa secepat mungkin menghentikan penyebaran Covid-19, seperti yang diharapkan semua pihak di negeri ini.

“Kami bekerja sama dengan pihak Unair yang melakukan riset. Alhamdulillah, pada minggu yang lalu sudah ditemukan efektivitas kombinasi obat dari obat yang sudah beredar di masyarakat,” jelas Bambang.

Dijelaskan juga, selain menggunakan obat yang sudah beredar di masyarakat, peneliti pengobatan melalui sel punca juga terus dilakukan dan mulai menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Adapun 5 kombinasi obat tersebut seperti yang diungkapkan oleh dr. Purwanti terdiri dari :

  1. Liponavir, Ritonavir, dan Azitromisin
  2. Liponavir, Ritonavir, dan Doksisiklin
  3. Liponavir, Ritonavir, dan Klaritromisin
  4. Hidroksiklorokuin dan Aziromisin
  5. Hidroksiklorokuin dan Doksisiklin

Semua pihak berharap semoga saja penemuan obat dan system pengobatan untuk menangkal sekaligus menyembuhkan virus corona (Covid-19) ini memang benar-benar ampuh dan mendapat pengakuan  dan lisensi dari dari lembaga kesehatan dunia WHO. Semoga Kebesaran Allah Meridhoi temuan ini menjadi Obat Mujarab. Aamiin

 

Tim PolBo  l  Jacky WIjaya

 

 

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *