Car Free Day Sudirman Kembali Diberlakukan

AvatarPosted on at 07:05
38 0

Bogor  –  Setelah lima bulan lebih dihentikan, mulai hari Minggu 2 Maret 2020 ini, Hari Bebas Kendaraan atau lebih dikenal dengan sebutan Car Free Day (CFD) di sepanjang jalan Sudirman, Bogor Tengah, Kota Bogor, akan kembali diberlakukan.

Berdasarkan catatan, penghentian CFD tersebut dilakukan karena adanya proyek pembangunan fly over di jalan RE. Martadinata, tepatnya di depan kantor Polsek Bogor Tengah. Namun sejak beberapa waktu lalu, pembangunan tersebut sudah selesai bahkan sudah di operasionalkan.

Hal pemberlakuan CFD Sudirman tersebut, diungkapkan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Bogor, Dody Wahyudin, kepada wartawan, Jumat, 28 Februari (28/2/2020) di Pos Pam Terpadu, Kota Bogor.

“Pemberlakuan kembali CFD di sepanjang jalan Sudirman, Bogor Tengah ini, merupakan hasil rapat pembahasan yang dihadiri unsur-unsur terkait,’ ujar Dody. Unsur terkait dimaksud terdiri dari perwakilan Polresta Bogor Kota, Dinas Perhubungan Kota Bogor, Satpol PP, Kodim, Pusdikzi, bagian Prokompim dan Dinas Koperasi dan UMKM,

Dalam rapat tersebut, juga ditentukan bahwa waktu pelaksanaan CFD sama seperti sebelumnya, yakni mulai dari pukul 06.00-09.00 WIB. Sementara  lokasi parkir kendaraan disiapkan di beberapa titik, seperti di samping Bank BTN, halaman Lautan, seberang PLN, halaman Bogor Permai, dan depan martabak Air Mancur. “Mudah-mudahan minggu ini bisa berjalan dengan lancar dan meriah. Bagi yang akan berolahraga di area CFD, silahkan memarkirkan kendaraannya di tempat yang disediakan,” lanjut Dody lagi.

Dijelaskan juga bahwa area CFD diberlakukan untuk berjalan kaki, bersepeda, jogging dan olahraga lainnya. Untuk itu, pihaknya meminta agar PKL (Pedagang Kaki Lima) tidak memakai trotoar, badan jalan dan taman untuk berjualan. Bahkan, CFD sudah menjadi kegiatan nasional, bukan hanya ada di kota Bogor, tetapi hampir seluruh daerah kota/kabupaten sudah ada.

Masing-masing pihak terkait seperti Dishub dan kepolisian akan menerjunkan personelnya untuk mengatur lalu lintas, sementara Sat Pol-PP akan menertibkan para pedagang yang berjualan di sepanjang jalan Sudirman tersebut.

 

PolBo  l  JW

 

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *