BERITA UTAMA

Cawabup untuk Ade Yasin, Nama Adang Suptandar Melejit

17-12-2017 08:03
306 Views

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, digadang-gadang sebagai calon wakil bupati untuk mendampingi Ade Yasin | Net

CBINONG –  Kejutan demi kejutan terjadi jelang pemilihan bupati dan wakil bupati Bogor tahun 2018. Diam-diam Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, masuk nominasi utama calon wakil bupati untuk mendampingi Ade Yasin, bakal calon bupati dari PPP.

Merujuk hasil sigi Lembaga Survei Indobarometer, nama Adang Suptandar melejit, menempati peringkat satu calon potensial untuk menjadi pendamping Ade Yasin. Padahal, birokrat senior di Pemkab Bogor ini, tak terlihat melakukan gerakan politik. Tidak ada satupun alat peraga berupa baliho, spanduk, atau pemberitaan mengenai Adang Supatandar masuk bursa Pilkada 2018.

“Terlepas validitas dan indikator yang digunakan oleh Indobarometer, figur cawabup untuk Ade Yasin, suara tertinggi diraih Adang Suptandar. Padahal, Adang Suptandar tidak bergerak secara gencar atau melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ungkap Effendy Joy Pendhita, Ketua Angkatan Muda Ka’bah Jawa Barat kepada polbo melalui pesan whatsapp, baru-baru ini.

Joy menjelaskan, lalu suara terbesar berikutnya untuk posisi cawabup, adalah dua politisi yang selama ini disebut-sebut sebagai kandidat kuat pendamping Ade Yasin, yakni Fitri Putra Nugraha (Nungki), Sekretaris DPW Hanura Jawa Barat dan Iwan Setiawan, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor. Peringkat berikutnya yaitu Dace Supriadi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, yang juga Ketua Ormas Kerukunan Warga Bogor (KWB) Kabupaten Bogor.

“Ini sebuah anomali politik. Karena agak aneh, meskipun sebenarnya hasil survei itu sendiri cukup menarik. Alasannya karena selama ini mayoritas orang-orang lebih menjagokan Iwan Setiawan atau Nungki untuk menjadi Cawabup Bogor, pendamping Ade Yasin. Nama Adang Suptandar tak pernah disebut-sebut,” tegas Ketua AMK Jabar.

Sebelumnya, Ade Yasin pernyah menyatakan persyaratan atau kriteria calon pendampingnya. Apa saja syarat calon wakil yang diinginkan Ade Yasin ? Menurut Ketua DPW PPP Jawa Barat itu, pasangan yang ideal bagi seorang pemimpin perempuan adalah didampingi wakil laki-laki. Sebab, Bupati Bogor mendatang harus mengakomodir semua kepentingan masyarakat.

“Saya menginginkan calon wakilnya adalah laki-laki. Kenapa ? Agar bisa membackup saya. Selain itu, harus seorang muslim dan mempunyai pegalaman di pemerintahan,” Ade Yasin menjelaskan. “Enggak banyak persyaratannya. Itu saja.”

 

 

ARIE SURBAKTI | AS