Cegah Covid-19 Ujian Negara Ditiadakan

AvatarPosted on at 02:03
68 0

Jakarta  –   Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, sepakat meniadakan ujiang negara (UN), bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkat Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setingkat Madrasah Tsnawiyah (MTs), dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman melalui keterangan resminya, Selasa 24 Maret 2020 mengatakan, “Peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing untuk memotong rantai penyebaran virus Corona SARS 2 atau Covid-19,”

Keputusan Presiden Jokowi ini telah mendapatkan persetujuan dari DPR-RI,  sebagai bagian dari sistem respons wabah Covid-19 yang salah satunya adalah mengutamakan keselamatan kesehatan rakyat. Seperti yang telah disampaikan bahwa sistem respon Covid-19 harus menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha.

Sebenarnya, sebelumnya sudah ada kesepakatan UN akan dihapus untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkat Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setingkat Madrasah Tsnawiyah (MTs), dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) yaitu mulai tahun 2021.

Diharapkan Preside, “Kebijakan meniadakan UN perlu diikuti oleh partisipasi aktif warga masyarakat dalam penerapan perilaku social distancing, yaitu kerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah.

Pandemi covid-19 atau corona yang masih berlangsung dan belum bisa diprediksi kapan akan berakhir, mendorong pemerintah menunda dan meniadakan ujian nasional untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.

Keputusan ini diungkap juga oleh Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Hooda lewat akun instagramnya @syaifulhooda. Dia menulis kebijakan ini diambil setelah digelar rapat daring antara Komisi X DPR RI yang diwakili olehnya dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim beserta jajarannya.

“Kita baru selesai rapat daring dengan mendikbud dan jajaran, salah satu yang kita sepakati; adalah Ujian Nasional (UN) SD, SMP, dan SMA ditiadakan,” tulis Syaiful,

 

Tim PolBo l  Jacky, W

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *