Elite Politik dan Para Tokoh Berbaur dengan Ribuan Warga di 50 Tahun Perkawinan Sabam Sirait

87 0

JAKARTA – Sejumlah elite politik dan para tokoh berbaur dengan ribuan warga dari berbagai kalangan dan daerah dalam pesta 50 tahun Perkawinan politikus senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait-Sondang Sidabutar di Balai Kartini, Jl. Gatot Soebroto, Jakarta, Senin 25 Maret 2019 malam.

Dalam perkawinan emas ayah dan ibu kandung anggota Fraksi PDIP DPR RI, Maruarar Sirait itu, sekaligus peluncuran Buku Sabam Sirait berjudul “Berpolitik Bersama 7 Presiden”. Buku ini bercerita perjalanan karir politik Sabam Sirait yang melintasi tiga zaman, orde lama, orde baru dan orde reformasi.

Terlihat hadir sejumlah pejabat negara dan elite politik dalam acara yang bernuansa adat batak itu. Misalnya Ketua DPR Bambang Soasatyo, Menkumham Yasonna Laoly, Penasehat Ekonomi Presiden Sri Adiningsih, pengacara kondang Hotma Sitompul, Junivert Girsang, Luhut Pangaribuan, Ketua DPRD DKI Prasetyo, politisi PDI perjuangan Hendrawan Supratikno dan politisi muda PDIP Kota Depok, Andi Sopiandi.

Simak juga : Acungan Jempol Maruarar Untuk Situasi Damai Keberagaman Beragama di Kota Bogor

Selain para elite, acara dihadiri ratusan warga simpatisan Maruarar Sirait dari Subang, Sumedang, Majalengka, Kota Bogor, dan Cianjur. Tidak hanya itu, anak, menantu, dan cucu Sabam Sirait-Sondang br Sidabutar serta kerabatnya terlihat bahagia. Pesta 50 tahun perkawinan salah satu pendiri  PDIP itu terlihat mewakili kebinekaan bangsa Indonesia yang demikian harmonis walau berbeda suku, ras dan agama.

Mewakili keluarga Sabam Sirait, putra sulungnya, Maruarar Sirait atau biasa dipanggil Ara mengaku bahagia dan terharu karena ulang tahun perkawinan emas orangtuanya dihadiri koleganya yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Bahkan, banyak yang datang dari daerah luar Jakarta

“Terima kasih sudah datang dari jauh untuk hadir bersama-sama menemui bapak kami,” Ara mengungkapkan, “Saya sangat bangga dan merasa sangat dihargai.”

Acara diawalai dengan pembacaan doa yang dibacakan KH Choirul Anam, ulama asal Cianjur yang merupakan Ketua MUI dan Ketua PCNU Cianjur, Jawa Barat. “Kehadiran dan pembacaan doa oleh KH Khoirul Anam membuktikan Indonesia tanpa perbedaan dan tanpa diakriminasi. Inilah menjadi kekuatan bangsa,” kata Ara.

Simak juga : Kyai Asal Cianjur Pimpin Doa di 50 Tahun Perkawinan Emas Sabam Sirait – Sondang br Sidabutar

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengucapkan selamat ulang tahun pernikahan ke 50. Ia mengaku takjub atas kebersamaan Sabam Sirait-Sondang br Sidabutar dalam mengarungi mahligai rumah tangga.

“Seorang politisi jam kerjanya tidak jelas. Ulangtahun emas perkawinan Pak Sabam dengan Ibu Sondang, ini dahsyat dan luar biasa.  Langgeng mengarungi pernikahan, ” ungkap Bambang.

Ketua DPR juga mengapresiasi peluncuran buku politisi senior Sabam Sirait  yang berjudul “Berpolitik Bersama 7 Presiden”. Di buku terbarunya ini, deklarator PDI pada tahun 1973 yang lahir pada 13 Oktober 1936 akan mengisahkan perjalanan panjang di gelanggang politik.

Simak juga : Bima Arya Rawat Perbedaan, Maruarar Sirait Sebut Pancasila Membumi di Bogor

Adapun Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly yang memanggil Sabam Sirait dengan sebutan Abang, pernikahan yang diarungi pasangan Sabam Sirait-Sondang br Sidabutar merupakan suri tauladan bagi semua dalam menjaga keutuhan rumah tangga. Apalagi, Sabam Sirait melalui perjalanan hidup yang tak selalu manis. Namun, kedua pasangan ini tetap utuh hingga usia senja.

“Kalau Pak Bambang (Ketua DPR RI) bilang dahsyat, saya sebut Paten. Karena 50 tahun bukan perjalanan sebentar. Abang (Sabam Sirait) harus selalu sehat. Nah, supaya Abang tetap sehat, maka harus terus didorong berpolitik,” ujar Yasonna dengan nada kelakar, yang disambut gelak tawa keluarga dan undangan.

 

ARI SURBAKTI | AS

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *