RANAH

Gara-gara Status, Jalan Kunak Sudah 21 Tahun Tak Dibangun

19-01-2018 22:48
835 Views

Kondisi Jalan Kunak Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Bogor, sudah lama rusak. (Foto : Asep Rendra)

CIBUNGBULANG – Warga pengandara yang melintasi Jalan Kunak, Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, harus ekstra hati-hati. Pasalnya, jalan yang berada di area peternakan sapi itu dalam kondisi rusak, sehingga rawan kecelakaan.

“Seingat saya sudah lama sekali tidak dibangun. Kalau enggak salah terakhir ada pembangunan tahun 1996. Ya kira-kira sudah 21 tahun belum disentuh pemerintah,” ungkap Wawan, 44 tahun, salah seorang warga setempat.

Kepala Desa Situ Udik Enduh Nuhudawi mengakui sering menerima keluhan warga yang meminta jalur aktif yang menghubungan perkampungan penduduk dengan jalan utama ini, segera diperbaiki.

“Memang benar kondisi Jalan Kunak sudah memprihatinkan. Sudah banyak warga yang datang bertanya ke saya, kapan ada pembangunan jalan,” kata Enduh kepada polbo, Sabtu 23 September 2017.

Ia menceritakan, ruas jalan yang sempit serta berkelok, bertambah parah dengan kondisi badan jalan yang hancur. Kondisi tersebut sangat membahayakan keselamatan warga, terutama pengendara roda dua.

“Belum bisa dilakukan pembangunan karena secara administrasi, ruas Jalan Kunak belum jelas statusnya,” jelas Kades Situ Udik.

Kades Enduh sudah pernah menanyakan status jalan tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Bogor. Kalau ini masuk jalan desa, akan dibangun pakai anggaran Dana Desa,” Ia menegaskan.

 

ASEP RENDRA