Gila, Surat Keterangan Sehat Bebas Virus Corona Marak Dijual Rp 70.000

AvatarPosted on at 08:45
24 0

Jakarta  –  Ada saja otak miring manusia di saat pandemi virus corona merebak negeri ini. Ternyata salah satu toko online  memperjual belikan surat keterangan sehat bebas virus corona (Covid-19)  Hal tersebut, langsung direspon Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo dengan memerintahkan tim khusus untuk menindak lanjutinya.

Tak pelak, jual-beli surat sehat bebas Corona itu bahkan sudah viral di media sosial, pada Kamis 14 Mei 2020, yang diduga dikeluarkan dari salah rumah sakit dengan harga Rp 70 ribu, sehingga banyak pembelinya karena kemungkinan untuk keperluan mudik manakala diperiksa oleh petugas check point.

Mendengar itu, langsung saja Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo menurunkan tim penegakan hukum (gakkum) untuk mengusut soal jual-beli surat tersebut.

“Saya sedang minta tim gakkum untuk mengusut kebenarannya,” kata Doni. Menurut dia, surat sehat bebas Corona tidak diperkenankan untuk diperjualbelikan. Bila ditemukan pelanggaran, Doni mengatakan akan memproses secara hukum. “Betul tidak diperjualbelikan, akan kita tentukan nanti” ujar Doni.

“Bila melanggar, tentu akan ada hukuman,” tegasnya. Surat sehat bebas corona ini ramai dibahas warganet di jagat dunia maya. Surat itu sempat dijual salah satu toko online siang tadi, tapi link atau tautan sudah tidak bisa ditemukan lagi.

Sementara itu, menurut keterangan salah seorang tim dokter penanganan pasien terdampak Covid-19 itu dr. Heru S mengatakan bahwa seseorang dinyatakan dan diberikan surat keterangan sehat terbebas dari corona itu, diterbitkan manakala seseorang telah menjalani masa mandiri isolasi dan mengikuti rapid test serta Swab test, untuk kemudian kembali melakukan isolasi mandiri, dan apabila beberapa hari kemudian kesehatannya benar-benar sehat dan atau pulih, barulah kepadanya diberikan surat tersebut.

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

 

 

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *