Hebat, Beberapa Daerah Tetapkan Tanggap Darurat Covid-19

AvatarPosted on at 14:22
60 0

Jakarta  –  Walaupun pemerintah pusat belum mengambil langkah untuk Lockdown, namun beberapa daerah sudah mulai menetapkan status tanggap darurat corona virus (Covid-19). Sementara, pemerintah pusat hanya memberikan himbauan kepada warganya untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, melalui kebijakan work from home (WFH).
Sekurangnya ada 9 daerah yang menetapkan status tanggap darutat, yakni Pemprov DKI Jakarta, Pemkot Depok, Pemkot Bogor, Pemprov Banten, Pemprov Daerah Isitimewa Jogyakarta, Pemprov Jawa Barat, Pemprov Jawa Timur, Pemprov Kalimantan Barat dan Pemprov Kalimantan Timur.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, status tanggap bencana ini berlaku mulai Senin 23 Maret 2020, hingga situasi dan kondisinya dianggap sudah membaik. Sementara, Wali Kota Depok, M Idris Abdul Somad menerbitkan Surat keputusan Wali Kota Depok tentang penetapan status tanggap darurat bencana COVID-19 Depok, selama 73 hari sejak tanggal 18 Maret sampai dengan 29 Mei 2020.

Begitu juga dengan Pemkot Bogor, yang menetapkan kejadian luar biasa (KLB) Covid-19. Pemkot Bogor membatasi pergerakan warganya, apalagi Wali Kota Bogor, Bima Arya mengakui positif terinfeksi virus corona setelah melakukan kunjungan kerja ke Turki dan Azerbaijan.
Walau sebelumnya, tidak ada gejala-gejala yang signifikan, namun  hasil tes menyatakan Bima Arya ternyata positif terkena Covid-19. Untuk itu dia kini menjalani isolasi diri dan percaya sepenuhnya kepada RSUD Kota Bogor untuk menangani yang dideritanya.

Sementara itu, Gubernur Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menerbitkan surat keputusan (SK) terkait status Darurat, yang berlaku mulai 20 Maret hingga 29 Mei 2020. Dalam SK tersebut, Sri Sultan telah menugaskan Wakil Gubernur DIY untuk mengambil langkah dan tindakan yang diperlukan untuk mencegah dan menangani dampak buruk yang ditimbulkan, seperti kegiatan penyelamatan dan evakuasi, isolasi, perlindungan, pengurusan, penyelamatan, serta pemulihan korban Covid-19

 

Tim PolBo  l  Jacky. W

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *