Indonesia-AS Kerjasama Militer Menjaga Keamanan Maritim

3 0

Bogor  –   Walau beberapa pihak sempat mengecam Amerika, yang mengizinkan Prabowo, untuk mengunjungi Negeri Paman Sam itu, karena Prabowo dianggap sebagai Pelanggar HAM, namun hal itu tidak digubris oleh Pemerintah Amerika. Dalam kunjungannya ke Amerika dari 15 Oktober hingga 19 Oktober 2020, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, membicarakan banyak hal terutama soal militer dengan rekannya Menteri Pertahanan AS, Mark T. Esper.

Bahkan, Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) telah menyepakati menjalin kerja sama dalam bidang militer. Kedua negara memandang pentingnya memperkuat kerja sama bilateral dengan meningkatkan kegiatan militer-ke militer dan bekerja sama dalam menjaga keamanan maritim.

Menteri Pertahanan RI
Prabowo Subianto

Kerjasama militer tersebut, ditanda-tangani langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo dan Menteri Pertahanan AS Mark T. Esper, pada Sabtu 17 Oktober 2020. Pertemuan kedua elit tersebut membahas keamanan kawasan, prioritas pertahanan bilateral dan akuisisi pertahanan.

Seperti dikutip dari halaman resmi kementerian pertahanan AS, dalam kesempatan itu, Menteri Prabowo mengungkapkan, pentingnya keterlibatan militer di semua tingkatan. Dia menyampaikan, apresiasi atas dukungan Amerika Serikat untuk modernisasi system pertahanan Indonesia.

Disisi lain, Menteri Pertahanan Esper, mengungkapkan pentingnya menegakan Hak Asasi Manusia (HAM) dan hukum. Dia juga menekankan, perlunya profesionalisasi antara Indonesia dan Amerika Serikat, untuk memperluas keterlibatan militer mereka.

Disaat yang bersamaan, kedua pejabat negara itu juga menandatangi Memorandum of Intent (MoI) yang berisi perlindungan terhadap tahanan perang atau personel militer yang hilang saat bertugas. Perjanjian itu juga meminta agar Indonesia memperbolehkan AS memulai kembali repatriasi tentara mereka yang hilang di Indonesia selama perang dunia II

Sisi menarik dibalik pertemuan elit tersebut, tak lupa mereka juga berduka atas merebaknya pandemi Covid-19 di negara masing-masing. Seperti diketahui, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto tengah melakukan kunjungan kerja di Negeri Paman Sam sejak 15 hingga 19 Oktober 2020.

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

 

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *