KPK Ancam Dana Virus Corona Untuk Memperkaya Diri

AvatarPosted on at 14:16
67 0

Jakarta  –   Mewaspadai menyebarnya virus corona (covid-19) merupakan kewajiban bagi seluruh aparat pemerintahan mulai dari Pusat hingga ke tingkat bawah. Gelontoran dana baik bantuan maupun perubahan anggaran yang telah disetujui Mendagri dan Menkeu, harus dimanfaatkan benar-benar bagi keselamatan masyarakat dan tidak untuk memperkaya diri.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, dalam keterangannya di gedung KPK menyatakan, “Jangan coba-coba memanfaatkan situasi ini untuk memperkaya diri,” ancamnya.

Seperti dikatakannya, pemerintah pusat telah memutuskan menambah Rp 1 Triliun kepada kementrian kesehatan dalam menghadapi virus corona. Sementara pemerintah daerah (Pemda) telah diizinkan oleh Mendagri dan Menkeu untuk merubah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk dipergunakan melengkapi sarana prasarana pengamanan diri nya melalui pemotongan biaya-biaya yang dianggap tidak perlu, seperti kunjungan, biaya makan minum dan lainnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tidak menutup kemungkinan jika memang dibutuhkan untuk membangun rumah sakit baru, anggarannya akan kembali ditambah.

Menyikapi itu, “KPK secara khusus menaruh perhatian serius pada penggunaan anggaran penanggulangan bencana wabah COVID-19, untuk memperkaya diri sendiri,” tegas Firli, lagi.

KPK memang melakukan penyesuaian pengaturan kerja termasuk menerapkan kebijakan working from home (WFH) untuk sebagian pegawai yang memang pekerjaannya bisa dikerjakan dari rumah.

Namun, tak ada alasan bagi KPK untuk tidak melakukan kegiatan pemberantasan korupsi dan ini akan terus berlangsung, meskipun saat ini bangsa ini menghadapi COVID-19 yang tengah mewabah.

Pelaksanaan tugas penegakan hukum, penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan eksekusi perkara tetap dilakukan berdasarkan prioritas.Semua pimpinan tetap berkantor seperti biasa. Pihak KPK juga mlakukan pencegahan untuk memutus rantai corona.

Seluruh pegawai yang bekerja di kantor di cek suhu badannya, termasuk disiapkan nya hand sanitizer, dan juga akan dilakukan penyemprotan desinfektan di setiap ruangan.

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

 

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *