Maruarar Sirait dan Bima Arya Janji Bantu Modal Koperasi Wartawan PWI Bogor

41 0

BOGOR-Insan pers diharapkan tetap menjaga idealisme, netralitas dan independen dalam tugasnya sebagai jurnalis. Untuk itu, wartawan harus memiliki usaha lain agar mendapat tambahan penghasilan yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya bersama keluarga.

Demikian dikatakan Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait saat bertandang ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, Jl. Kesehatan No. 4, Tanah Sereal, Bogor, Ahad, 16 September 2018. Politikus PDIP ini juga mengaku mempunyai usaha restoran dan salon. Pundi-pundinya terisi bukan hanya mengandalkan dari jabatannya di DPR RI.

“Saya juga punya usaha restoran dan salon. Sekarang punya 600 karyawan. Wartawan juga bisa memulai merintis usaha. Bentuk koperasi dan rencanakan bidang usahanya. Saya bantu modal Rp 25 juta,” kata Ara, panggilan akrabnya saat beramah-tamah kepada wartawan Anggota PWI Kota Bogor, seusai bertanding tenis meja dengan Ketua PWI Kota Bogor, Arie Surbakti.

Menurut Ara, bila kebutuhan hidupnya terpenuhi, awak media akan lebih fokus menjalankan profesinya sebagai pewarta yang independen dan kredibel dalam menyajikan pemberitaan. Sebab, lanjut dia, tidak semua media tempat wartawan bernaung menjamin kesejahteraan karyawannya. Untuk itu, PWI selaku organisasi wartawan harus mampu membantu memfasilitasi kesejahteraan anggotanya.

“Bentuk koperasi dan tentukan bidang usahanya. Keahlian sebagai wartawan tidak hanya membuat berita, tapi juga kemampuan lain, yang berkaitan dengan profesinya,” jelas Ara.

Dalam kesempatan itu, Ara sempat menelepon Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Ia mengatakan akan memberi bantuan modal kepada wartawan Anggota PWI sebesar Rp 25 juta. Bima dalam percakapan telepon yang didengarkan banyak wartawan tersebut menjanjikan tambahan bantuan modal kepada koperasi wartawan PWI sebesar Rp 12.5 juta/

“Kalau Bang Ara Rp 25 juta, maka saya Wali Kota Bogor membantu setengahnya dari Bang Ara,” kata Bima Arya, yang disambut riuh tepuk tangan insane pers.

Sebagai pilar keempat demokrasi, sambung Ara, para awak media dituntut dapat menyebarkan informasi berdasarkan fakta dan data. Sehingga masyarakat bisa lebih cerdas dalam menerima menyikapi informasi yang disuguhkan pihak media.

“Media itu punya tantangannya sendiri di Indonesia, karena sebagai pilar demokrasi menyampaikan yang benar. Realitanya banyak pemilik media pemain politik baik langsung maupun tidak langsung,” ungkap Ara yang juga Bacaleg PDIP Nomor urut 1 dari Dapil Jabar 3, Kota Bogor dan Cianjur.

 

M.A MURTADHO | ARIE SURBAKTI

 

Related Post

Melanggar PSBB Bisa Di Pidana

Posted by - 14/04/2020 0
Bogor  –   Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) akan dimulai Rabu 15 April…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *