BERITA UTAMA

Menang Sebelum Bertarung, Ade Yasin Bupati Bogor 2018-2023?

19-01-2018 23:07
938 Views

Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor Elly Yasin (kiri) dan Ketua DPW PPP Jabar Ade Yasin (kanan) | polbo

CIBINONG – Bakal calon kandidat bupati Bogor dari PPP, Ade Yasin terus menunjukkan kekuatan politik kepada kerabat dekat bakal calon kandidat lainnya di tengah persaingan panjang Pilbup Bogor 2018. Kekuatan ini mungkin baru satu elemen pendukung dari jamaknya elemen pendukung adik mantan Bupati Bogor dua periode Rachmat Yasin.

Genderang perang psikologis (psywar) makin gencar ditabuh dan Ade Yasin dengan urat politik PPP tradisional, yang mulai meyakinkan publik dirinya pantas menjadi penerus pembangunan yang tertunda belakangan ini. Bahkan, banyak kalangan yang optimistis bahwa jagoannya itu sudah menang sebelum bertarung, benarkah Ade Yasin Bupati Bogor periode 2018-2023.

Selain mengerahkan para RT, RW, amil, kepala desa, dan jejaring RY Center, kekuatan dukungan politik  Ade Yasin ditunjukan Forum UMKM Kabupaten Bogor pimpinan Hasan Haikal Thalib. Forum ini adalah satu dari sekian banyak pendukung Ade Yasin, yang membuktikan loyalitasnya kepada Ade Yasin.

Ade Yasin meyakinkan pelaku UMKM bahwa komitmen pemerintah daerah untuk mengembangkan produk UMKM dan lokalitas Bogor harus serius dan berwujud nyata. Masalahnya saat ini ada sekat yang perlu diterobos untuk memajukan produk dan pelaku UMKM.

“Tujuan kami mengumpulkan ini untuk membangun sinergitas yang kuat antar UMKM dan pemerintah daerah, untuk para pelaku usaha ini bisa mandiri,” ujar Ade Yasin kepada wartawan usai acara sinergitas pelaku UMKM dengan Ade Yasin di Lapangan Sukahati, ¬†Cibinong, Selasa 12 Desember 2017.

Ketua DPW PPP Jawa Barat ini mengakui pemasaran produk dan permodalan infrastruktur UMKM menjadi sumbatan yang perlu diintervensi langsung pemerintah daerah. “Alasan UMKM banyak yang pasif itu karena permodalan, pemasaran dan SDM.”

Hasan Haikal Thalib mengatakan, para pelaku UMKM Bogor belum merasakan adanya peran pemerintah daerah. “Satu keinginan UMKM Kabupaten Bogor, yakni ada perhatian yang penuh dari pemerintah daerah untuk peningkatan SDM, modal dan legalitas yang didapat sangat susah,” kata Haikal.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekramasda) Kabupaten Bogor, Elly Halimah Yasin menerangkan, UMKM di Kabupaten Bogor memiliki peluang besar untuk banyak peminat. “Saya sudah keliling ke beberapa UMKM di daerah lain, ada beberapa daerah ternyata dari kemasan dan rasa masih jauh tertinggal dari produk UMKM Kabupaten Bogor,” kata Elly.

Dengan kekuatan UMKM yang diklaim memiliki ratusan ribu anggota, dan kesolidan forum UMKM sebagai wadah organisasi maka menjadi satu pembuktian bahwa kekuatan politik Ade Yasin bisa lebih besar daripada sang kakak, Rachmat Yasin. Maka hari pencoblosan 27 Juni 2018 adalah hari yang dinantikan untuk mendapat legitimasi rakyat sebagai pemimpin Kabupaten Bogor.

 

HERRY SETIAWAN | AS