SILUET

Pemimpin Baru dan Muda untuk Kabupaten Bogor

17-12-2017 07:57
1271 Views

Kandidat Bupati Bogor tahun 2018, Ade Wardhana Adinata (Kang AW) saat menyapa warga kurang mampu di pelosok Kabupaten Bogor |ist

USIANYA masih muda dan smart. Ia adalah Ade Wardhana Adinata atau akrab disapa Kang AW. Tak kenal lelah, politikus muda asal Bogor Barat ini terus bergerak untuk menyapa masyarakat Kabupaten Bogor.

Sepekan lalu, Kang AW mendatangi beberapa daerah untuk menyapa warga Bumi Tegar Beriman. Baik yang dekat dengan pusat kota maupun ke pelosok, di ujung perbatasan.

Pada hari Rabu, 20 September 2017 Kang AW menyapa warga Gunung Sindur. Sebuah kawasan di ujung Bogor sebelah utara yang berbatasan dengan Tangerang Selatan. Di sana, ia banyak mendengar keluhan warga. Mulai soal nasib guru honorer yang dikebiri, pelayanan kesehatan yang tidak maksimal, hingga banyaknya pengembang yang menggusur tanah warga.

Di hari yang sama, Kang AW mengisi malam pergantian tahun baru Islam 01 Muharam 1439 Hijriah dalam gelaran Tablig Akbar di Kampung Cikaret, Kelurahan Harapan Jaya, Cibinong. Dalam prakatanya, ia mengajak masyarakat untuk meneladani Rasulullah SAW berhijrah. AW mengajak jama’ah untuk berhijrah dari kondisi stagnan menjadi lebih mapan.

“Hijrah dari krisis dan keterpurukan menuju kesejahteraan dan kebahagiaan,” ungkap politikus muda ini.

Sang Mubalig malam itu, Habib Muhammad Al-Idrus turut memuji keberanian Kang AW maju di pilkada 2018. Ia pun mendoakan agar cita-cita Kang AW menjadi pemimpin Kabupaten Bogor terwujud sehingga dapat membawa perubahan berarti bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

Keesokan harinya, Kamis 21 September 2017, Kang AW beserta jajaran Kartini Perindo bersama-sama membagikan beras gratis kepada warga Kelurahan Harapan Jaya, Cibinong. Antusias warga menyambutnya. AW mengatakan, pembagian beras gratis merupakan salah satu bentuk keberpihakan Partai Perindo kepada masyarakat.

Pada malam harinya, Kang AW bergerak
ke daerah Bogor Selatan, tepatnya Kampung Pasir Kuda, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong. Ia bertemu para tokoh masyarakat serta para pemuda. Salah satu poin yang disampaikan terkait arti penting kehadiran seorang pemimpin yang benar-benar berpihak pada masyarakat, pemimpin Baru, pemimpin Muda, Jujur dan merakyat.

Seakan tak lelah, pada Jumat pagi, 22 September 2017, Kang AW menggelar jumling atau Jumat Keliling ke belahan Bogor sebelah timur, Kampung Cisinduk, Desa Warga Jaya kecamatan Sukamakmur.

Jarak tempuh cukup jauh. Saat sedang asyik menikmati perjalanan, insiden kecil sempat menghambat Kang AW dan rombongan. Sebuah mobil truk tiba-tiba terhenti di tengah jalan gara-gara patah as. Alhasil, macet mengular tak terhindarkan.

Satu jam lebih antrian kendaraan tak bergerak. Karena mengejar waktu Jumatan yang tinggal sebentar lagi, kala itu sudah pukul 11.35 WIB, Kang AW pun memutuskan naik ojeg menuju lokasi.

Di sana pula, Kang AW sempat menggelar dialog terbuka dengan warga. sekaligus melakukan fogging atau pengasapan. Kepada warga, AW menekankan agar warga jangan mudah terbujuk oleh rayuan calon bupati yang memberi uang recehan menjelang pilkada. Sebab kelakuan itu secara tak langsung sudah mengajarkan tindak korup bagi pemimpin bersangkutan.

Kemudian pada Sabtu 23 September 2017, Kang AW melanjutkan perjalanan ke kawasan ujung Bogor sebelah barat. Yakni ke Kampung Panunggulan, Desa Babakan Kecamatan Tenjo. Alangkah terkejutnya AW saat menjumpai kondisi rumah warga di sana. Nyaris mayoritas rumah penduduk terbuat dari bilik bambu. Sangat tak layak huni.

Kehidupan ekonomi masyarakatnya memprihatinkan. Alih-alih sejahtera, layak huni pun tidak. Kang AW sempat bincang-bincang dengan warga bahwa selama ini, belum pernah ada sentuhan dari pemerintah daerah.

Ia menyebut ini adalah bentuk kegagalan dalam mensejahterakan warga masyarakat. Padahal ditopang oleh APBD Kab Bogor sudah 7,1 triliun. Mengalahkan kabupaten/kota lain di Jawa Barat.

“Letak geografis yang dekat dengan ibukota negara tdk memiliki dampak positif. Sungguh miris!,” ungkap Kang AW.

Perjalanan Kang AW masih akan terus berlanjut hingga batas waktu yang tidak ditentukan.***

 

ARIE U.S