Berhasil Terapkan Protokol Kesehatan : Pemkot Bogor Raih 4 Penghargaan Kemendagri

AvatarPosted on at 13:04
14 0

 

Bogor  –   Dinilai berhasil menerapkan protokol kesehatan bagi pasar modern, tradisional, resto dan wisata, kahirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, berhak menyandang empat penghargaan sekaligus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman Covid-19.

Wali Kota Bogor Bima Arya, langsung menerima empat penghargaan tersebut usai pengumuman yang dilakukan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Senin 22 Juni 2020.

Kategori yang dimenangkan oleh Pemkot Bogor adalah juara pertama pada sektor pasar tradisional (Pasar Sukasari), juara pertama sektor pasar modern (Lippo Plaza Ekalokasari), juara pertama sektor restoran (RM Bumi Aki dan Cafe Rumah 30) serta juara kedua pada sektor tempat wisata (Kebun Raya Bogor).

Atas prestasi itu, Pemkot Bogor tidak hanya menerima piagam, akan tetapi berhak mendapatkan suntikan anggaran sebesar Rp 11 miliar dalam bentuk Dana Insentif Daerah (DID) dari Kemendagri. “Inovasi yang dimenangkan setiap bidang ini adalah konsep yang dikembangkan dari protokol kesehatan di setiap bidang yang menjadi kebijakan dari Pemkot Bogor. Sebagai contoh, Pemkot Bogor menerapkan protokol kesehatan bagi pasar modern, tradisional, resto dan wisata.

Pemkot menjelaskan secara garis besar konsep tersebut kepada stakeholder, kemudian mengembangkan kreasi dan inovasinya masing-masing,” ungkap Bima Arya. Usai menerima raihan tersebut, Bima Arya menyampaikan apresiasi nya kepada seluruh sektor yang telah berkreasi dan menjadi pemenang.

“Tantangan ke depan adalah memastikan bahwa implementasi di lapangan sesuai dengan konsep protokol kesehatan yang telah digariskan dan ini menjadi tonggak baru agar kita bisa membangun kultur baru memasuki era baru,” jelasnya.

“Pemkot Bogor juga mengapresiasi secara khusus kepada Perumda Pasar Pakuan Jaya yang telah melakukan kreasi untuk membangun sistem di Pasar Sukasari yang videonya menjadi pemenang. Selain itu, Pemkot Bogor juga mengapresiasi RM Bumi Aki dan Rumah 30 dengan kreasinya, termasuk kepada Kebun Raya Bogor dan juga Lippo Plaza Ekalokasari,” tambahnya.

Kepala Bappeda
Pemkot Bogor – Hanafi

Terpisah, Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Hanafi menyatakan, dari tujuh kategori yang dilombakan kemendagri, Kota Bogor berhasil meraih kemenangan di empat kategori.

“Bagi kami, kemenangan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa dalam kondisi pandemi seperti ini standar protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan dan diikuti dengan baik.

Karena tidak mungkin pemerintah melakukan PSBB secara terus menerus, kegiatan masyarakat harus berjalan,” jelas hanafi. Ditambahkannya, pemerintah pusat menyatakan bahwa semua prestasi adalah bentuk mobilisasi masyarakat. Mobilisasi itu kemudian harus tetap berjalan bagaimanapun kondisinya. Namun, tetap dengan protokoler yang sudah disepakati bersama.

“Tidak mungkin juga pemerintah bersikap apatis. Dengan menutup semua kegiatan ekonomi, sehingga berimbas pada masyarakat. Sekarang ini sudah mulai dirasakan penurunan penghasilan, baik individu, maupun secara instansi. Sehingga atas dasar itu, pemerintah pusat melalui Kemendagri mengadakan penghargaan atas inovasi daerah itu,” bebernya.

Dicontohkan Hanafi, Pasar Sukasari sebagai pasar tradisional berhasil menjadi juara pertama yang merupakan salah satu sektor yang disiapkan untuk menghadapi kultur dan era baru.  “Untuk itu, telah disiapkan protokol Covid yang produktif dan aman. Adapun inovasi yang dilakukan di Pasar Sukasari adalah menyiapkan perlengkapan standar protokol covid-19 (pemeriksaan suhu, masker dan tempat cuci tangan), menyiapkan alat hitung pengunjung, membuat rambu antri untuk pembeli, pembatas plastik antara pedagang dan pembeli, kewajiban menggunakan masker dan face shield bagi pedagang, pembayaran dapat menggunakan QRIS melalui Bank BJB untuk meminimalisir kontak langsung (non tunai),” jelasnya.

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

Related Post

Kota Bogor Darurat Mitigasi Bencana

Posted by - 21/02/2018 0
BOGOR – Penanganan korban bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini ternyata tidak berdampak signifikan di Kota Bogor. Termasuk sistem mitigasi…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *