BERITA UTAMA

PKB Siapkan Tommy Kurniawan di Pilkada Bogor 2018

19-01-2018 23:16
530 Views

Tommy Kurniawan, artis dan juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Kapanlagi

BOGOR – Lima hari ke depan warga Kota dan Kabupaten Bogor sudah bisa mengetahui ada berapa banyak pasangan calon kepala daerah yang bakal bertarung  pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018. Jadi publik masih harus bersabar, karena sampai saat ini belum ada satu pun koalisi partai pengusung  yang resmi mendeklarasikan pasangan calon.  Para elite politik dan bakal kandidat, baik wali kota maupun bupati Bogor, masih sibuk mencari jodoh.

Bahkan, kepada Polbo  sejumlah ketua partai politik di Kabupaten Bogor mengaku masih terus bergerilya untuk memantapkan koalisi  partai pengusung dan menyandingan pasangan calon bupati dan wakil bupati. Cepatnya perubahan konstalasi politik di level pusat dan provinsi,  ikut mempengaruhi keputusan politik di tingkat daerah.

“Melihat peta politik saat ini, kalau disebut bingung sih tidak, sedikit galau sih memang iya. Masalahnya waktu sudah semakin mepet. Soal pasangan calon, siapa dengan siapanya masih belum final 100 persen. Last minute lah pastinya,” kata Edwin Sumarga Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bogor  kepada Polbo melalui telepon selular, Rabu malam, 3 Januari 2018.

Baca : Edwin PKB Bidik Kursi Wakil Bupati Bogor

Edwin mengatakan, PKB adalah partai pertama yang secara kelembagaan sudah resmi berkoalisi dengan PPP. Koalisi PPP dan PKB mengusung Ade Yasin sebagai calon Bupati Bogor 2018. Adapun sebagai calon wakil bupati, PKB merekomendasikan Edwin Sumarga. Namun, keputusan final siapa wakilnya Ade Yasin akan dibahas bersama koalisi partai.

“Kami PKB sudah resmi koalisi dengan PPP. Pejajakan ke semua partai dan yang menguat dengan Gerindra. Iwan Setiawan (Ketua DPC Gerindra) yang akan diajukan sebagai wakilnya Bu Ade. Hanya saja memang  konfigurasi koalisi di tingkat Jabar ikut mempengaruhi di pilbup,” jelas Edwin.

Andai Gerindra gagal koalisi dengan PPP dan PKB, bagaimana ? Edwin mengungkapkan, kursi DRD PPP dan PKB genap berjumlah 10. Artinya PPP dan PKB bisa mengusung calon sendiri. “Sampai saat ini kami masih menunggu,” tegas anggota DPRD Kabupaten Bogor ini.

Baca : Cawabup Terbaik untuk Ade Yasin

Terkait calon wakilnya Ade Yasin, Edwin menceritakan bahwa PKB memiliki banyak kader potensial dan populer untuk diajukan sebagai kandidat. Selain dirinya, PKB juga sudah menyiapkan Tommy Kurniawan. Politikus muda yang berlatar belakang selebritis itu namanya muncul dalam hasil survei sejumlah lembaga sigi. “Kalau bukan saya, bisa juga dia (Tommy),” ujarnya.

Iwan Setiawan Ketua Gerindra Kabupaten Bogor menyatakan masih menunggu surat keputusan rekomendasi dari DPP Gerindra terkait koalisi partai dan pasangan calon.  Ia berharap SK Rekomendasi segera keluar karena terkait dengan langkah strategis dengan PPP.

Baca : Hampir 100 Persen Ade Yasin dengan Iwan Gerindra, Benarkah ?

“Iya sudah ditunggu PPP. Konstalasi di level atas memang agak mempengaruhi. Yah kita tunggu saja,” ungkap Iwan yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor via sambungan selular, Rabu malam.

Terkait calon kepala daerah dari PKB, rembesan informasi ke Polbo, Tommy Kurniawan juga disebut-sebut bakal didorong di Pilkada Kota Bogor. Ia akan diduetkan dengan Dadang Danubrata, calon wali kota dari PDI Perjuangan. “Sekarang masih dipertimbangkan, Tomkur (Tommy Kurniawan) didorong di kabupaten apa di kota,” kata sumber, Rabu.

 

ARIE SURBAKTI | AS