Program Nongol Babat (Nobat), Salah Satu Ijtima 3.000 Ulama Bogor

AvatarPosted on at 04:50
43 0

CIBINONG-Program Nongol Babat (Nobat) yang pernah dilaksanakan semasa Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY), menjadi satu dari lima butir ijtima sebanyak 3.000 ulama Bogor di Cibinong, baru-baru ini.

Para ulama merekomendasikan kepada Bupati Bogor yang baru, yakni Ade Yasin, untuk mengaktifkan kembali program Nobat. Pemuka agama di tatar Tegar Beriman memimpikan Bogor bersih dari tempat dan sarang maksiat.

Ijtima ulama diserahkan kepada Bupati Bogor saat ini, Nurhayanti. Jika tidak ada aral melintang, Bupati Bogor yang baru, Ade Yasin bakal dilantik pada akhir Desember 2018 ini.

Ijtima ulama ini bertempat di Gedung Tegar Beriman, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong  dalam satu rangkaian Wisuda Pendidikan Kader ulama angkatan ke-12 dan pembagian BOP MUI Kecamatan tahun 2018,  kemarin.

Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, Ijtima  ulama di Kabupaten Bogor akan enjadi prasaran positif yang bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah daerah. Ijtima tersebut menjadi bahan kebijakan strategis bagi Pemkab Bogor.

“lama dan umaro satu kesatuan. Menyatu dalam kebaikan dan kemaslahatan hidup dunia dan ukhrowi,” ungkap Nurhayanti.

Ia juga mengatakan tugas utama ulama adalah menjaga aqidah umat. Pelaksanaan tugas ini tentunya memiliki banyak dimensi, mengibgat ketahanan aqidah juga bersentuhan dengan berbagai aspek kehidupan.

“Setiap ulama dituntut untuk tidak hanya fokus pada persoalan persoalan substansial yang berkaitan dengan agama, akan tetapi juga membuka diri untuk terlibat secara aktif dalam berbagai bidang pembangunan,” imbuh Bupati Bogor.

Berikut Ini Isi ijtima ulama : 

  1. Ulama harus menjadi perekat persatuan ummat dan menjadi contoh yang baik demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam wadah NKRI terutama dalam pesta demokrasi tahun 2019 yang    sangat rentan dengan perpecahan bangsa.
  2. Tetap mengawal pemimpin yang beriman dan bertakwa jujur, terpercaya, aktif dan aspiratif, mempunyai kemampuan dan memperjuangkan kepentingan umat islam baik dalam tataran nasional, regional dan lokal hukumnya adalah wajib.
  3. Mendesak Pemerintah untuk segera mengangkat guru agama islam yang kompeten dan profesional untuk seluruh lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta.
  4. Meminta komitmen Pemerintah dalam peningkatan kualitas hidup beragama khususnya dalam hal pengalokasian anggaran pendidikan madrasah, pondok pesantren, majelis taklim, taman pendidikan Al-Quran,    masjid dan perguruan tinggi agama islam.
  5. Merekomendasikan kepada Bupati Bogor yang baru untuk memperkuat kembali program Nongol babat terhadap tempat tempat maksiat yang ada di Kabupaten Bogor.

 

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *