Rizayati Nasdem Diberi Gelar Kehormatan Ratu Kasundaan

36 0

DIA memang bukan mojang pasundan. Tapi perhatian dan kecintaannya terhadap seni dan budaya khususnya sunda  amatlah tinggi.

Ia melihat seni dan budaya sunda mengandung nilai-nilai luhur, yang berkenaan hubungan antar sesama manusia, alam dan Sang Pecipta Alam Semesta. Keinginannya ikut aktif dalam melestarikan seni dan budaya, sangat kuat.

Itu dia sosok Rizayati, SH, calon anggota DPR RI Partai NasDem daerah pemilihan (Dapil) V Jawa Barat. Kemuliaan Rizayati dalam memandang seni budaya, membuat bangga Sesepuh Adat Kitapak Tereuh Pajajaran, Ki Goler.

“Jujur kami sangat terhormat dikunjungi Ibu Rizayanti. Apalagi beliau menyatakan kesiapannya membantu melestarikan seni dan budaya Sunda,” kata Asep Tedi atau biasa disapa Ki Goler, Ketua Padepokan Seni Budaya Komunitas Iket Tata Pakuan (Kitapak) Tereuh Pajajaran, Ahad, 25 Nopember 20018.

Simak juga : Caleg NasDem Diserang Kampanye Hitam

Menurut Ki Goler, atas kebaikan hatinya, sesepuh padepokan Kitapak membalasnya dengan menganugerahkan gelar kehormatan ‘Ratu Kasundaan’ kepada Rizayati. Mereka berharap ada jembatan koordinasi yang menghubungkan pemangku dan pengambil kebijakan.

“Untuk itu kami berharap Ibu Rizayati berkenan menerima gelar kehormatan “Ratu Kasundaan,” jelas ucap Ki Goler.

Adapun Rizayati mengungkapkan, seni budaya tradisional harus tetap hidup dan lestari. Dari sisi filosofi banyak sekali petuah atau pesan terkandung dalam ruh budaya dan adat istiadat. Kepada sejumlah pewarta di sela kegiatan safari sosialnya, caleg nomor urut 4 itu menyatakan salut atas kegigihan para seniman dan budayawan Sunda.

Para penggiat seni dan budaya itu, masih setia merawat dan memelihara seni dan budaya Sunda di era modernisasi ini.  “Dedikasi mereka harus kita apresiasi. Menjaga warisan nenek moyang tetap ada, bukan lah pekerjaan mudah,” imbuhnya.

Simak juga : http://Tampung Aspirasi, Rizayati Bangun Posko di 6 Dapil se-Kabupaten Bogor

Sebagai informasi, Padepokan Seni Budaya Komunitas Iket Tata Pakuan (Kitapak) Tereuh Pajajaran yang berlokasi di Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, dikenal aktif melestarikan berbagai seni dan budaya Sunda.

“Seni dan budaya tradisional itu kental dengan ajaran luhur. Tapi, sayangnya, minat generasi muda mendalami seni budaya tradisional makin minim. Ini menjadi tantangan bagi kami,” kata Haris Munandar alias ki Haris.

aris pun  berharap, Rizayanti terpilih menjadi anggota DPR – RI, sehingga niatnya bersama-sama dengan seniman dan budayawan melestarikan seni dan budaya Sunda terlaksana. “Kami hanya bisa berdoa dan mendukung suara, agar Ibu Rizayanti mendapatkan amanah terpilih menjadi anggota DPR – RI,” tutupnya.

 

MURTADHO | ARIE SURBAKTI

 

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *