Survei : Prabowo Terkuat Capres 2024

AvatarPosted on at 08:14
47 0

Jakarta  –  Walau pemilihan presiden baru akan dilaksanakan pada 2024 nanti, namun hasil survey Cyrus Network membeberkan bahwa Prabowo menduduki peringkat  teratas sebagai calon presiden (capres) berikutnya.

Survei “Isu-isu Politik dan Pemerintahan Terkini Persepsi Publik” yang diungkapkan Cyrus Network, pada akhir pekan lalu, dilakukan dengan simulasi enam tokoh, tanpa menyertakan sosok Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo, maka posisi teratas diduduki oleh Sandiaga Uno, kemudian disusul oleh Anies Baswedan, di urutan ketiga.

Sosok Sandiaga Uno menjadi Capres 2024 terkuat karena elektabilitas mantan Ketua Kadin itu mengalahkan sejumlah nama “Saat nama Prabowo dihilangkan, Sandiaga Uno menempati urutan pertama,” kata CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto, saat menyampaikan hasil survei di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Tercatat, elektabilitas Sandiaga sebesar 27,3 persen andai nama Prabowo dan Jokowi tidak diikutsertakan dalam survei. Kemudian di posisi kedua yakni Anies dengan elektabilitas sebesar 20,0 persen.

“Selisih antara Sandiaga dengan Anies ini mencapai tujuh persen lebih dalam simulasi survei dengan tidak melibatkan Prabowo dan Jokowi,” ungkap Eko. Setelah Anies, elektabilitas terkuat ketiga lainnya ditempati oleh Ganjar Pranowo dengan 14,9 persen.

Berturut-turut setelah itu Ridwan Kamil (10,2 persen), Khofifah Indar Parawansa (6,6 persen), dan Tito Karnavian (3,5 persen). Namun, kata Eko, saat nama Prabowo disandingkan, Sandiaga menempati peringkat kedua capres 2024 terkuat. Tercatat, Prabowo memiliki 23,3 persen sedangkan Sandiaga memperoleh 18,8 persen.

Cyrus Network mengadakan survei nasional dengan 1230 responden pada akhir Januari 2020, lalu. Survei ini menguji beberapa isu paling aktual soal politik dan pemerintahan dengan tingkat kepercayan survei 95 persen dan margin of error kurang lebih sebesar 2,85 persen. Responden tersebar di 123 kelurahan atau desa di 34 provinsi di Indonesia.

Disisi lain, warga Medan sempat dihebohkan dengan munculnya dua buah spanduk, yang mendukung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Spanduk yang mendukung Erick tidak hanya terpampang di stasiun kereta api namun di tempat lain juga muncul spanduk berisi pesan senada. Persisnya di Jalan Juanda Medan, depan Pardede Internasional Hotel.

Belum diketahui siapa yang memasang spanduk tersebut. Namun, kemunculan dua spanduk itu menarik perhatian warga Medan. Pada foto terlihat beberapa pengendara memarkirkan kendaraannya di depan spanduk.

Sebelumnya, pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe menyatakan, Erick berpeluang diusung sebagai salah satu kandidat di Pilpres 2024. Pendiri Mahaka Group tersebut dinilai cukup populer.

Selain dekat dengan berbagai kalangan, Erick juga memiliki modal yang kuat sebagai pengusaha kelas dunia. “Nah, ini yang menarik, saya kira Erick bisa menjadi salah satu tokoh potensial yang bisa menjadi calon di Pilpres 2024,” ujar Ramses.

Direktur eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) ini juga menilai Erick banyak melakukan gebrakan sejak menjabat menteri BUMN. Antara lain merampingkan struktur jabatan eselon I di BUMN

 

Tim PolBo  l  Jacky. W

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *