Survei Tiga Lembaga, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Melejit

43 0

JAKARTA-Hasil survei tiga lembaga menyatakan pasangan calon presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin tak akan terbendung oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf unggul dalam survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), Alvara Research Center, dan Y-Publica. Di antara ketiga survei itu, selisih angka pasangan Jokowi- Ma’ruf Amin dengan Prabowo – Sandiaga Uno masih jauh.

“Elektabilitas pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin hampir dua kali lipat dari Prabowo – Sandiaga,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dikutip dari di Bakoel Coffee, Jakarta, Senin, 3 September 2018.

Dalam survei yang dilakukan Y-Publica, elektabilitas Jokowi – Ma’ruf mencapai 52,7 persen, sedangkan Prabowo – Sandiaga hanya 28,6 persen. Sebanyak 18,7 persen responden menyatakan belum memutuskan pilihan mereka di Pemilu

Survei Y-Publica pada 13-23 Agustus 2018 menggunakan metode kuantitatif dengan 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling). Mereka mewakili 120 desa dari 34 provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,98 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei yang dilakukan Alvara Research Center, elektabilitas pasangan Jokowi – Ma’ruf unggul, yaitu 53,7 persen, dan pasangan Prabowo – Sandiaga 36,8 persen. CEO and founder Alvara Strategic, Hasanuddin Ali, berujar selisih kedua calon presiden itu masih terus bergerak seiring dengan berkurangnya pemilih yang belum memutuskan. Survei dari Alvara dilakukan pada 12-18 Agustus 2018.

Adapun hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan pasangan Jokowi – Ma’ruf unggul di kalangan pemilih muslim sebanyak 54,7 persen dibanding Prabowo – Sandiaga sebanyak 27 persen di segmen NU. Kemudian, untuk segmen Muhammadiyah, Jokowi dan Ma’ruf juga unggul dengan angka 50 persen atas Prabowo dan Sandi 35,7 persen.

 

TEMPO | AS

Related Post

Dede Yusuf Enggan Jadi Cawagub Jabar

Posted by - 16/09/2017 0
BANDUNG – Sosok Dede Yusuf siap meramaikan bursa calon gubernur di kancah Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Hasil survey…

Jabar Perlu Sentuhan Ekonom

Posted by - 08/10/2017 0
  BOGOR – Di antara perebutan sebagai gubernur Jawa Barat, ternyata ada sejumlah tokoh yang memang pas sebagai wakil gubernur…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *