Tegas Maruarar, Kita Harus Berani Tegakan Pancasila

47 0

BOGOR – Keberagaman keyakinan. budaya, dan etnis di Bumi Nusantara bisa dipersatukan oleh Pancasila. Oleh karenanya, keberadaan Pancasila harus terus ditegakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Hal tersebut diutarakan Politisi PDIP, Maruara Sirait disela-sela Perayaan Cap Go Meh di Kota Bogor beberapa hari lalu. “Pancasila sebagai dasar negara digali melalui kajian dan pemikiran sesuai dengan kondisi di Indonesia. Dasar negara ini yang membuat Pancasila bisa mempersatukan Indonesia yang memiliki keberagaman keyakinan, budaya dan suku,” jelas politisi yang akrab disapa Ara.

Untuk itu, keberadaan Pancasila harus selalu ditegakan sebagai penopang bangsa dan negara. “Semua warga negara harus ikut menegakan Pancasila ditengah keberagaman yang ada,” sebutnya.

Ara mengakui, memang ada yang setuju dan tidak sedikit ada juga yang tidak setuju dengan Pancasila. Namun tentu saja yang setuju dengan Pancasila jangan diam, jangan terus menjadi silent majority. “Kita harus melawan takut terhadap kelompok yang mau menentang Pancasila dan kita harus berani menegakkannya,” tegas Ara.

Ara menegaskan hal tersebut karena sebelumnya mendapat informasi, acara kebudayaan warga Tionghoa yang di sebut Cap Go Meh ini sempat mendapat penolakan dari kelompok warga. Namun buktinya ribuan masyarakat Kota Bogor tumpah ruah ikut merayakan Cap Go Meh di Wihara Dhanagun, perayaan dikemas dalam pesta budaya Bogor Street Festival dan acara berjalan dengan aman dan lancar. “Terlebih Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, juga mengatakan bahwa penolakan perayaan Cap Go Meh bisa merusak kerukunan umat beragama,” ujar Ara.

Ara mengatakan, persatuan dan kerukunan harus terus dijaga dan diperjuangkan oleh semua pihak. Termasuk diperjuangkan melalui aturan pemerintah, peraturan daerah maupun sikap-sikap di lapangan. Itu juga seperti yang dicontohkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya yang turut menghadiri perayaan Cap Go Meh ini. “Saya bangga dengan gubernur dan wali kota,” katanya.

MA. MURTADHO | DIAN PRIMA

Related Post

Dede Yusuf Enggan Jadi Cawagub Jabar

Posted by - 16/09/2017 0
BANDUNG – Sosok Dede Yusuf siap meramaikan bursa calon gubernur di kancah Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Hasil survey…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *