BERITA UTAMA

Tensi Politik Pilbup Bogor 2018 Memanas karena Manuver Luthfi Syam

17-12-2017 08:03
1480 Views

Bakal Calon Bupati Bogor 2018, Luthfi Syam bersama Kandidat Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di Jakarta, baru-baru ini | Istimewa

CIBINONG – Tampilnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfi Syam dalam bursa kandidat Bupati Bogor, bisa dipastikan bukan sekedar meramaikan panggung pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten  Bogor tahun 2018. Birokrat senior ini mantap berikhtiar untuk mengejar takdir menjadi Bupati Bogor periode 2018-2023.

“Lah, siapa bilang main-main ? Majunya beliau di Pilbup Bogor itu sangat serius. Ini soal panggilan jiwa dan keinginan mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Bogor,” ungkap kerabat dekat Lutfhi Syam kepada polbo dalam percakapan melalui telepon selular, Selasa, 5 Desember 2017.

Bukti keseriusannya tersebut, kata dia, Luthfi Syam, yang merupakan putra pejuang  Bogor Mayor KH. Tb. Syamsudin Nur  itu, tidak berdiam diri. Ia bersama kerabat dan koleganya terus membangun komunikasi politik ke sejumlah partai dan tokoh nasional. Sebab, untuk manggung di Pemilihan Bupati (Pilbup) Bogor, Ia harus mempunyai tiket pencalonan.

“Yang paling mungkin adalah melalui perahu partai politik. Bisa saja diusung oleh Partai Golkar. Tapi, sudah harga pas yah, tidak bisa ditawar, beliau Calon Bupati-nya,” kata kerabat Lutfie tersebut.

Nah, selain menggalang kekuatan dukungan dari arus bawah, Lutfhi pun terus melakukan komunikasi ke banyak tokoh politik nasional. Yang teranyar, mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor ini membuat manuver dengan menemui kandidat kuat Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Luthfi bersama kerabatnya, yang dikenal dekat dengan Airlangga, diterima Menteri Perindustrian di kediamannya di Perumahan Widya Chandra, Jakarta, belum lama ini. Jika Airlangga dinisbatkan jadi Ketum Golkar, maka Luthfi sangat berpeluang diusung  Partai Beringin di Pilbup Bogor 2018.

Silaturrahmi Luthfi ke Airlangga membuat tensi politik di Tatar Tegar Beriman otomatis memanas. Sebab, DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor, sejak lama sudah mematok harga mati bahwa calon bupati Bogor dari Partai Beringin adalah Ade Ruhendi alias Jaro Ade.

“Sebenarnya silaturrahmi biasa. Karena saya secara personal kenal dan hormat sama beliau (Airlangga Hartarto),” ujar Lutfhi kepada wartawan di Cibinong. Ia juga tidak menampik peluang maju dengan perahu Golkar. “Kalau itu memang kebijakan partai.”

Lalu setelah menemui Airlangga, kemana lagikah Luthfi melangkah ? Rembesan kabar yang diterima polbo, Luthfi sudah mengagendakan pertemuan dengan sesepuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ada beberapa tokoh PPP yang akan disambangi Luthfi, diantaranya KH. Zarkasih Nur.

“Iya, ada agenda untuk bertemu dengan Pak Zarkasih Nur. Rencana mau ke rumahnya di Ciputat,” ungkap seorang senior PPP di Kabupaten Bogor melalui telepon selular, Selasa, 5 Desember 2017.

 

 

ARIE SURBAKTI | AS