Terkendala Covid-19 Perolehan Zakat Fitrah Berkurang

AvatarPosted on at 12:18
20 0

Bogor  –   Ditengarai pandemi virus corona (Covid-19) penerimaan zakat fitrah pada tahun 2020 ini di Kota Bogor mengalami penurunan yang tajam. Salah satu indikator anjlok nya pendapatan tersebut, kemungkinan akibat banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja (PHK), harus ‘dirumahsaja’ dan terkuncinya kegiatan usaha.

Dalam keterangan khususnya Rabu 3 Juni 2020 di Rumah Wartawan, PWI Jalan Kesehatan, Tanah Sareal, Kota Bogor, Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Bogor, Rusli Saimun, membenarkan hal tersebut.

Menurut Rusli, penurunan tersebut kemungkinan ditengarai adanya  beberapa kendala sebagai akibat terdampak  kasus virus corona (Covid-19). “Ya memang hasil penerimaan tahun ini, mengalami penurunan yang cukup signifikan,” ungkap Rusli.

Secara rinci dijelaskan Rusli, bahwa pada tahun 2017 pendapatan zakat fitrah mencapai kisaran Rp 4 milyar. Kemudian pada tahun berikutnya 2018, ada peningkatan menjadi Rp 7 milyar. Dan tahun kemarin yakni di 2019, cukup tinggi naiknya yakni sebesar Rp 14 miliar, tapi tahun ini kembali merosot ke angka Rp 7 milyar.

Banyak hal yang menjadi kendala terutama berkaitan dengan pandemi virus corona ini, sehingga terjadi penurunan hasil di tahun ini. Namun, ketika ditanyakan terkait hasil zakat fitrah dari para pegawai negeri sipil (ASN) diakuinya bahwa itupun mengalami penurunan.

Terpisah, pada acara penyerahan dan penyaluran bantuan kepada masyarakat beberapa waktu lalu, sempat hal penurunan hasil tersebut diakui juga oleh wali kota Bogor, Bima Arya. Dikatakan oleh Bima, Memang Ramadhan kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena harus dilalui di tengah pandemi COVID-19.

“Semua berat, semua sulit sekarang. Banyak warga yang terkena dampak Corona. Ada yang sakit, ada yang wafat, ada yang sakit dan Alhamdulillah sembuh seperti saya, ada yang sehat semua. Insyaallah kita ikhtiar, Pemkot berjuang sekuat tenaga untuk meringankan beban semua,” ujar Bima.

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

 

 

 

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *