Tiadakan Dua Gerbang Tol, Berharap Kemacetan Terurai

53 0

JAKARTA – Solusi mengurai kemacetan di jalan Tol Jagorawi, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) meniadakan Gerbang Tol Cibubur dan Gerbang Tol Cimanggis Utama. Selain itu, diterapkan pula sistem pembayaran satu tarif untuk ruas jalan tol Cawang – Bogor.

“Kemacetan di Tol Jagorawi terpusat pada transaksi di GT Cibubur dan GT Cimanggis Utama. Untuk itu kita meniadakan kedua gerbang tersebut. Dan mengubah sistem pembayaran serta tarif seragam,” jelas Kepala BPJT Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna dalam rilis yang diterima polbo.com.

Perubahan sistem satu tariif ini akan diberlakukan mulai 8 September 2017. Ini akan berdampak pada mekanisme transaksi tol. Karena akan diberlakukan dari sistem transaksi terbuka dan transaksi tertutup menjadi sistem transaksi terbuka.

“Pengguna arah Jakarta dari Ciawi membayar ketika masuk (on ramp) dan pengguna arah Bogor membayar saat keluar (of ramp),” ucapnya.

Penerapan sistem transaksi baru ini ditetapkan melalui SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No : 692/KPTS/M/2017 tanggal 31 Agustus 2017, tentang sistem transaksi dan tarif jalan tol.

“Untuk golongan I Rp 6.500, golongan II Rp 9.500, golongan III Rp 13.000, golongan IV Rp 16.000 dan golongan V Rp 19.500,” kata Dirut PT Jasa Marga, Desy Aryani.

Penerapan satu tarif ini disatu sisi lebih murah dibanding tarif sebelumnya. Namun disisi lain, satu tarif ini mengalami kenaikan tarif sebelumnya. Contoh untuk tarif Cawang – Bogor/Ciawi sebelumnya Rp 8.500, kini menjadi Rp 6.500. Tetapi pada rute Cawang – Gunung Putri sebelumnya Rp 5.500 kini menjadi Rp 6.500.

ANDiNA

Avatar

de

Related Post

Hasto: Pilgub Jabar Perkuat Jokowi

Posted by - 10/10/2017 0
BOGOR – Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengungkapkan dinamika politik di Pilgub Jabar masih sangat dinamis. Namun secara prinsipil…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *