Warga Teplan Terus Bergerak Melawan Korem 061 Bogor

AvatarPosted on at 00:53
48 0

BANDUNG-Pengosongan rumah warga  Teplan Tanah Sereal, Kota Bogor berbuntut panjang. Warga yang menjadi korban pengusiran oleh petugas Korem 061 Suryakencana Bogor, terus bergerak melakukan perlawanan. Setelah mengadukan Korem ke Komnas HAM dan Puspomad, teranyar keluarga TNI tersebut mendatangi Pomdam III Siliwangfi di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 14 Agustus 2018.

Warga Teplan didampingi Tim Pembela Lembaga Bantuan Hukum Keadilan Bogor Raya melaporkan kekerasan fisik yang diduga dilakukan aparat TNI kepada Pomdam III Siliwangi. Kekerasan fisik oleh 3 warga terjadi pada tgl 26 juli 2018 saat pengosongan paksa rumah mereka.

Tiga korban itu adalah Gori Andreas Sembiring dipukul pada bagian mulut, sehingga pecah bibir kirinya. Kemudian Ramli yang mengalami pemukulan pada wajah dan Sandy dipukul bagian mulutnya yang mengakibatkan 1  gigi depan patah.

Laporan warga diterima petugas Pomdam III, yakni oleh Mayor Cpm Hendi, Kepala Seksi Penyidikan, Mayor Cpm Obet Santoso, Kepala Seksi Penyelidikan Kriminal dan Pengamanan Fisik dan Kapten Cpm Agus Sonali.

Sugeng Teguh Santoso, Kordinator tim Pembela warga Bogor tergusur menyatakan , tindakan pengosongan paksa warga penghuni perumahan Badak Putih 2 tanpa perintah Pengadilan dan main hakim sendiri. Hal itu dinilai peebuatan melawan hukum yang menimbulkan kerugian material dan immaterial  bagi warga Teplan.

Menurut STS, sengketa antara warga penghuni dengan pihak Korem 061 Suryakancana termasuk dalam kualifikasi sengketa kepemilikan, yang seharusnya diselesaikan melalui putusasan pengadilan. “Bukan dengan main paksa sepihak. Tindakan itu mengabaikan prinsip-prinsip negara hukum Indonesia,” tegas advokat senior itu.

Sebagai catatan, warga Teplan Kota Bogor yang diusir itu sudah tinggal di rumah dinas TNI Komplek Teplan sejak sejak tahun 1960. Warga adalah penghuni awal yang dulunya dikenal dengan sebutan Perumahan Badak putih 2.

 

POLBO|AS

Related Post

Camat "Petinju" Jadi Tersangka

Posted by - 04/09/2017 0
CIBINONG – Aksi pemukulan Camat Tamansari Ahmad Sofyan kepada Sekretaris Camat Tamansari, Ridwan berbuntut panjang. Status Sofyan kini menjadi tersangka.…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *