- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA 200 Ribu PJUTS Akan Terangi Pelosok Desa di 18 Provinsi 

200 Ribu PJUTS Akan Terangi Pelosok Desa di 18 Provinsi 

BOGOR –  Seiring adanya program nawacita pemerintah guna meningkatkan eletrifikasi masyarakat melalui penerangan jalan yang ada di pelosok desa, PT Diaz Biro Persada (DBP) melakukan program pemasangan lampu penerangan jalan umum dengan tenaga surya atau PJUTS.

Ada 200 ribu lampu bertenaga surya disebar ke 18 provinsi di Indonesia dan dipasang secara gratis. Proyek yang disebut bernilai Rp 4 triliun tersebut bakal dikebut awal Maret 2021.

Direktur Utama PT DBP Farial Yuda menyebut, nantinya pemasangan lampu tersebut hanya dilakukan pada daerah dengan skala prioritas pedesaan yang sangat minim penerangan. Seperti jalan desa, fasilitas umum disetiap desa, hingga daerah yang dianggap rawan kecelakaan dan kejahatan.

“Mengenai jumlahnya tergantung dari masing-masing desa berdasarkan kebutuhan yang sudah dituangkan dari berita acara desa. Dalam beberapa hari ini kami rampungkan verifikasi dan Insha Allah awal Maret, kita mulai pemasangannya. Ada 104 kabupaten dan 3 kota di 18 provinsi. Tapi untuk tahap awal ini kita fokuskan di kabupatennya dulu,” katanya saat jumpa pers di Bogor, Jumat (26/2).

Dia merinci, program tersebut ditargetkan dalam kurun waktu satu tahun dengan dibagi menjadi tiga tahap. Hal itu untuk memudahkan pengerjaan serta pengawasan. Pada tahap awal, lanjutnya, sebanyak 60 ribu lampu telah disiapkan tim penyelenggara dengan nilai mencapai Rp 1,2 triliun.

“Adapun pengerjaan pemasangan akan dilakukan oleh kontraktor yang dibantu masyarakat. Untuk menjaga standar teknis, saat ini sedang berlangsung proses verifikasi teknis dari para kontraktor. Hingga saat ini ada 38 kontraktor yang terseleksi,” papar Farial.

Disamping berbagai persyaratan yang harus ditempuh para kontraktor, dalam pengerjaan proyek triliunan tersebut, masing-masing kontraktor mendapatkan bantuan uang muka sebesar 30 persen setelah mengeluarkan jaminan uang muka.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Izinkan Airlangga Hartarto Jadi Ketua Umum Partai Golkar

Dia mengaku, pihaknya yang merupakan penggagas sekaligus pelaksana program Desa Terang Menuju Indonesia Terang itu tidak mengutip sedikitpun biaya dari desa atau masyarakat. Program tersebut sepenuhnya dibiayai oleh bantuan hibah murni PT DBP.
“Insha Allah disini kita bisa sejalan dengan program nawacita yang pada kenyataannya PJUTS ini adalah program infrastruktur yang belum tersentuh APBN atau APBD,” tandasnya.

Baca Juga :  Aliran Dana Ke Daerah Dipangkas Rp94,2 Triliun

Tim PolBo / Yudha Prananda

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here