- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Akibat Buka Masker Doni Terpapar Covid-19

Akibat Buka Masker Doni Terpapar Covid-19

Jakarta –  Akibat membuka masker saat makan bersama, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, meyakini kalau dirinya terpapar Covid-19. Untuk itu, dia menyerukan kepada masyarakat luas untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan Covid tersebut.

“Karena saat kita makan, pasti melepas masker membuat terjadinya celah penularan secara terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Jadi untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain,” kata Doni kepada pers, Sabtu (23/1/2021) siang.

Dituturkannya, selama seminggu lebih, dia memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Dan saat itu, ada beberapa momen sehingga dia bersama tim harus melepas masker. Salah satu momennya yakni ketika makan bersama orang lain.

“Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular,” kata dia. Seperti diketahui sepekan terakhir, Doni memantau penanganan gempa bumi  di Sulbar sejak Jumat (15/1) sore. Selanjutnya, dia berkunjung ke lokasi banjir   di Banjarmasin dan sempat kembali lagi ke Sulbar. Terakhirnya, dia kembali ke Jakarta pada Jumat (22/1) kemarin sore.

Menurut Doni, dalam sebelas bulan terakhir sejak dirinya memulai menangani pandemic Covid-19, dia selalu berusaha menghindari paparan virus dengan menuruti semua anjuran para pakar kesehatan. Namun, dari semua langkah pencegahan, rupanya tetap ada celah saat membuka masker, sehingga terpapar virus Corona.

Ditempat terpisah, juru bicara Nasional Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menduga aktivitas yang begitu padat dan melelahkan, serta adanya celah saat makan bersama menjadi penyebab virus Corona menginfeksi Doni Monardo.

“Jadikan ini sebagai pelajaran berharga bahwa kedisiplinan selama sebelas bulan itu, tetap saja ada celah seperti saat makan. Sebelumnya ada juga penelitian yang menemukan bahwa para tenaga kesehatan yang tertular saat mereka istirahat untuk makan dan terpaksa membuka masker,” tutur Wiku yang juga epidemolog Universitas Indonesia (UI) itu.

Baca Juga :  Buronan KPK Nurhadi Ditangkap di Simprug Jakarta Selatan

Selain aktivitas yang padat dan melelahkan, justeru menjadikan faktor menurunnya imunitas seseorang sehingga menjadi lebih rentan terhadap penyakit. “Itulah mengapa, selain menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Kita juga harus menjadi imunitas dengan istirahat cukup, makan bergizi, serta rutin berolahraga,” katanya.

Baca Juga :  Disebut Cacat Hukum, Madekan Achmad Sakim Gugat Mukab Kadin Bogor ke PN Cibinong

Namun, seperti dijelaskan tenaga ahli BNPB, Egy Massadiah, bahwa Doni Monardo belum menjalani vaksinasi  Covid-19. Dijelaskan juga, rencananya, Doni dijadwalkan akan menjalani vaksinasi pada awal pekan depan.

“Penjelasan ini, untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bersama para anggota Satgas Penanganan COVID-19 lainnya,” tutur Egy.

Tim PolBo – Jacky.W

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

PKB Targetkan Tambah Kursi Di Dewan

Bogor  -  Musyawarah cabang (Muscab) ke 6 Parttai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang digelar di IPB Internasional Convention Center, Kota Bogor, pada Ahad (7/3/2021) lalu,...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

PKB Targetkan Tambah Kursi Di Dewan

Bogor  -  Musyawarah cabang (Muscab) ke 6 Parttai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang digelar di IPB Internasional Convention Center, Kota Bogor, pada Ahad (7/3/2021) lalu,...

Polisi: Warga Bisa Ambil Kendaraan Yang Hilang di Polres Bogor, Tidak Dipungut Biaya!

CIBINONG - Bagi masyarakat yang pernah kehilangan kendaraan bermotornya, alias pernah menjadi korban pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), bisa datang ke Polres Bogor. Sebanyak 124...

Wartawan dan Guru Di Vaksin 9 Maret 2021

Bogor  -  Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno menjelaskan bahwa, para pelayan publik termasuk wartawan rencananya akan di vaksin minggu depan sekitar tanggal...

Marsekal Pertama TNI Tedi Rizalihadi Resmi Jabat Pangkoopsau I

Jakarta  -  Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/145/II/2021 dan Surat Perintah Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Sprin/234/II/2021 tanggal 24 Februari 2021, menetapkan bahwa Marsekal...

Dianggap Berhasil Ganjil Genap Ditiadakan

Bogor  -   Dianggap berhasil menurunkan angka penyebaran covid-19, sementara ada kenaikan terhadap pasien yang sembuh dan ketersediaan ruang rawat yang semakin terbuka, pemerintah kota...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here