- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Akibat Buka Masker Doni Terpapar Covid-19

Akibat Buka Masker Doni Terpapar Covid-19

Jakarta –  Akibat membuka masker saat makan bersama, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, meyakini kalau dirinya terpapar Covid-19. Untuk itu, dia menyerukan kepada masyarakat luas untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan Covid tersebut.

“Karena saat kita makan, pasti melepas masker membuat terjadinya celah penularan secara terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Jadi untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain,” kata Doni kepada pers, Sabtu (23/1/2021) siang.

Dituturkannya, selama seminggu lebih, dia memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Dan saat itu, ada beberapa momen sehingga dia bersama tim harus melepas masker. Salah satu momennya yakni ketika makan bersama orang lain.

“Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular,” kata dia. Seperti diketahui sepekan terakhir, Doni memantau penanganan gempa bumi  di Sulbar sejak Jumat (15/1) sore. Selanjutnya, dia berkunjung ke lokasi banjir   di Banjarmasin dan sempat kembali lagi ke Sulbar. Terakhirnya, dia kembali ke Jakarta pada Jumat (22/1) kemarin sore.

Menurut Doni, dalam sebelas bulan terakhir sejak dirinya memulai menangani pandemic Covid-19, dia selalu berusaha menghindari paparan virus dengan menuruti semua anjuran para pakar kesehatan. Namun, dari semua langkah pencegahan, rupanya tetap ada celah saat membuka masker, sehingga terpapar virus Corona.

Ditempat terpisah, juru bicara Nasional Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menduga aktivitas yang begitu padat dan melelahkan, serta adanya celah saat makan bersama menjadi penyebab virus Corona menginfeksi Doni Monardo.

“Jadikan ini sebagai pelajaran berharga bahwa kedisiplinan selama sebelas bulan itu, tetap saja ada celah seperti saat makan. Sebelumnya ada juga penelitian yang menemukan bahwa para tenaga kesehatan yang tertular saat mereka istirahat untuk makan dan terpaksa membuka masker,” tutur Wiku yang juga epidemolog Universitas Indonesia (UI) itu.

Baca Juga :  Ini Nama Calon Pendamping Bima Arya di Pilkada 2018

Selain aktivitas yang padat dan melelahkan, justeru menjadikan faktor menurunnya imunitas seseorang sehingga menjadi lebih rentan terhadap penyakit. “Itulah mengapa, selain menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Kita juga harus menjadi imunitas dengan istirahat cukup, makan bergizi, serta rutin berolahraga,” katanya.

Baca Juga :  Paslon Kahiji Yakin Unggul di Semua TPS

Namun, seperti dijelaskan tenaga ahli BNPB, Egy Massadiah, bahwa Doni Monardo belum menjalani vaksinasi  Covid-19. Dijelaskan juga, rencananya, Doni dijadwalkan akan menjalani vaksinasi pada awal pekan depan.

“Penjelasan ini, untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bersama para anggota Satgas Penanganan COVID-19 lainnya,” tutur Egy.

Tim PolBo – Jacky.W

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here