- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Awas Kena Ganjil Genap di Kota Bogor, Kecuali Kalau Begini!

Awas Kena Ganjil Genap di Kota Bogor, Kecuali Kalau Begini!

Bogor – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto resmi melayangkan kebijakan penerapan aturan sistem Ganjil Genap (gangen) bagi semua kendaraan di Kota Bogor pada Jumat, Sabtu dan Minggu hingga 14 hari mendatang. Garis haluan yang disebut strategi mengurangi mobilitas warganya dan menekan angka penyebaran Covid-19 tersebut akan dimulai pagi ini, Sabtu (6/2/20) selama 24 jam.

Keputusan orang nomor satu di Kota Bogor yang sempat dikomentari sejumlah warganet dan mempertanyakan dalam teknis pelaksanaan dilapangan akhirnya terjawab. Sebelumnya informasi yang beredar di masyarakat aturan sistem gangen hanya dikecualikan bagi kendaraan plat dinas, ambulans, angkutan umum dan mobil pemadam kebakaran.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bogor itu menegaskan, kebijakan aturan sistem gangen tersebut bukan untuk menghambat produktivitas warga, melainkan sebagai bentuk upaya untuk mengurangi kerumunan yang timbul pada akhir pekan dimasa pandemi Covid-19.

Bagi masyarakat yang beraktivitas dalam urusan pekerjaan pada akhir pekan, namun hanya memiliki satu kendaraan tidak perlu khawatir. Nantinya, terang Bima, ketika terjaring dan dilakukan pemeriksaan oleh petugas, warga dapat menunjukan bukti atau surat keterangan bahwa sedang dalam aktifitas kerja. Tak terkecuali yang berprofesi sebagai pelayanan jasa transportasi atau antar jemput online.

“Ini ditujukan fokus untuk protokol kesehatan terutama orang-orang yang tidak jelas tujuannya. Tetapi bagi yang berkergiatan bekerja, melayani publik ya, perekonomian ini masih bisa. Tetapi apabila tidak ada kejelasan ini lah yang akan kita putar balik, itu poin pertama,” ungkap Bima, di Balai Kota Bogor, Jumat (5/2/20).

Bima menyebut, sistem gangen itu diterapkan pada seluruh ruas jalan di wilayah Kota Bogor dengan membentuk Pos Statis dan Pos Dinamis. Pada Pos Statis dilaksanakan pada pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. “Lewat dari itu sebelum dan sesudahnya dinamis saja berputar penjagaan dan pengawasannya saya kira itu,” tambah Bima.

Baca Juga :  Jaga Rasa Duduluran, BBRP Bantu Korban Kebakaran

Berdasarkan data Tactical Floor Game (TFG) simulasi pemberlakuan ganjil genap wilayah Kota Bogor dibagi menjadi enam titik penyekatan dari luar kota yang akan masuk ke wilayah Kota Bogor dan tujuh titik cek poin yang ditempatkan di dalam area Kota Bogor.

Enam Pos Sekat diantaranya, Pos Sekat Yasmin di Jalan KH Sholeh Iskandar, Pos Sekat Bubulak di Jalan Raya Bubulak, Pos Sekat Gunung Batu di Jalan Mayjen Ishak Djuarsa, Pos Sekat Simpang Ciawi di Jalan Raya Ciawi, Pos Sekat Gate GT Bogor di Gerbang Tol Bogor Jalan Pajajaran dan Pos Sekat POMAD yang berada di Jalan Raya Ciluar.

Baca Juga :  Tokoh Muda Bogor Ini Calon Pendamping Edgar Suratman

Sementara untuk Pos Cek Poin diantaranya Simpang Air Mancur di Jalan Pemuda hingga Air Mancur, Simpang Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Kota Bogor di Jalan Dokter Semeru, Simpang Irama Nusantara di Jalan Kapten Muslihat, Simpang Ekalokasari di Jalan Raya Tajur, Simpang Tugu Kujang, di Jalan Oto Iskandar Dinata, Simpang Jalak Harupat di Jalan Jalak Harupat dan Simpang Bantar Jati yang berada di Jalan Achamd Sobana.

Tim PolBo – Yudha Prananda

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here