- Advertisement -
Advertising
Beranda SILUET Balon Bupati Bogor 2018, APJ : Ini Tahun Keberuntungan Saya

Balon Bupati Bogor 2018, APJ : Ini Tahun Keberuntungan Saya

PANGGUNG politik pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Bogor tahun 2018 jauh lebih berwarna. Karena figur kandidat kepala daerah yang masuk bursa berasal dari beragam latar belakang. Selain para politikus, tampil juga birokrat aktif, pengusaha dan kepala desa. Salah satu bakal calon yang  namanya terus berkibar adalah Alex Purnama Johan (APJ), Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Megamendung. APJ adalah kepala desa berprestasi yang maju melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sepak terjang APJ dalam panggung Pilbup Bogor 2018 cukup mempengaruhi konstalasi politik. Makanya, dari delapan bakal calon bupati dan wakil bupati asal PDIP, APJ adalah satu dari tiga kandidat yang diundang DPP PDIP. Artinya, peluang APJ mendapat tiket sebagai calon yang diusung PDIP semakin terbuka.  Lalu apa alasan APJ, yang seorang kepala desa aktif ini tampil di ranah politik pemilihan kepala daerah ? Berikut petikan wawancara jurnalis Polbo dengan APJ di sebuah kafe, Jalan Pangrango, Kota bogor, baru-baru ini :

Kenapa Pak APJ maju di Pilbup Bogor 2018?

Saya ini kepala desa dan berbaur langsung dengan masyarakat. Sehingga saya tahu persis apa saja keinginan masyarakat dalam konsep membangun daerah, yang tentunya memberi dampak peningkatan taraf hidup. Kondisi Kabupaten Bogor saat ini masih jauh dari harapan. Saya istikhoroh dan berbicara dengan keluarga untuk mencalonkan diri sebagai bupati saja. Akhirnya saya mendaftar dalam penjaringan bakal calon kepala daerah di DPC PDI Perjuangan.

Setelah terdaftar sebagai balon di PDIP, apa saja persiapan Anda ?

Alhamdulillah saya menjadi salah satu balon yang diundang oleh DPP PDIP terkait dengan Pilbup Bogor. Saya diminta mensosialisasikan dan turun ke masyarakat. Itu tentunya untuk menggalang kekuatan dan meningkatkan popularitas saya sebagai calon. Hampir 70 persen wilayah Kabupaten Bogor sudah saya datangi. 

Selain ke akar rumput, karena saya basicnya kepala desa, maka menghimpun dukungan dari rekan sejawat para kepala desa se-Kabupaten Bogor. Itu sudah dilakukan secara bertahap perdaerah pemilihan.  Tapi itu saya lakukan bukan dalam rangka menjemput rekom (dari DPP PDIP) ya, tapi murni untuk menyiapkan pemetaan politik serta penggalangan dukungan suara.

Selain struktural PDP, siapa saja Tim Pemenangan Anda?

Saya ini Kepala Desa, jadi akan menselaraskan niat dalam pengabdian kepada masyarakat dengan para kepala desa juga. Dan kami bisa saling memahami sebagai sesama kepala desa. Karena kepala desa itu lebih memahami persoalan yang ada di desa dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Apalagi Kabupaten Bogor hampir keseluruhannya pedesaan. Jika nanti terpilih pun saya akan lebih mudah bekerja sama dengan kepala desa, karena bupati tak akan bisa membangun dan membenahi daerahnya tanpa peran kepala desa.

Sudah sejauh mana komunikasi yang dilakukan dengan mereka?

Baca Juga :  Dody Repdem Haqqul Yaqin Direkom Jadi Calon Bupati Bogor 2018

Hubungan saya dengan semua kepala desa terjalin baik dan harmonis, baik secara personal atau dengan kelembagaan yang tergabung dalam Asosiasi Paguyuban Kepala Desa Seluruh Indonesia (APDESI). Saya masih terus melakukan komunikasi lebih intens dengan mereka untuk menyamakan visi dan misi untuk mewujudkan cita-cita perubahan dan pembangunan masyarakat Kabupaten Bogor yang sejahtera.

Untuk arah koalisi, baik partai maupun pasangan, bagaimana?

Kalau dengan partai, semua sudah kami lakukan komunikasi dan penjajakan untuk bersama-sama di Pilbup Bogor nanti. Niat saya ingin mengajak semuanya berkoalisi, katakanlah koalisi gemuk. Itu supaya bersinambungan nanti di pemerintahan antara legislative dan eksekutif.  Karena dalam membangun daerah harus berjalan sinergis antar lembaga negara.

Terkait arah koalisi, yang paling menguat dengan siapa?

Kalau secara kelembagaan PDIP sudah dengan NasDem. Tapi dengan Golkar pun sudah tahap pematangan. Tapi arahnya tetap bagaimana kebijakan DPP PDIP dan kemungkinan diselaraskan dengan koalisi di tingkat Jabar. Kalau untuk figur calon saya condong ke kuning yah.

Maksudnya dengan Jaro Ade?

Baca Juga :  Meski Beban Berat, Sugeng Siap Dampingi Bima Arya di Pilkada 2018

Iya saya harapannya dengan Kang Jaro Ade. Beliau (Jaro) itu basicnya kepala desa dan sudah lama berkiprah di pemerintahan dan sekarang Ketua DPRD Kabupaten Bogor. Latar belakangnya dengan saya sama. Sehingga sudah terbangun sendiri chemistry-nya.  Unsur kedekatan dan kesamaan memudahkan nanti dalam bekerja untuk membangun Kabupaten Bogor ini.

Sedikit saja tanggapan Anda tentang pemuda?

Pemuda itu salah satu ujung tombak dari pembangunan. Untuk itu ke depan, jika saya jadi Bupati Bogor, peran pemuda akan difasilitasi dalam berbagai aspek pembangunan, termasuk pembinaan kemandirian pemuda. Misalnya dalam pembinaan usaha kecil mikoro menengah, olahraga, industri kreatif, termasuk diberikan peran dalam alih fungsi teknologi dalam tata kelola pemerintahan. Karena banyak pemuda di Kabupaten Bogor yang ahli Informasi Teknologi.

Seberapa yakin Anda lolos sebagai calon dari PDIP dan menang di Pilbup?

Itu bicara nanti ya, karena masing-masing calon punya strategi dan cara pemenangannya sendiri. Walaupun hasil akhir Allah SWT yang menentukan. Sekarang saya fokus kerja politik, sosialisasi kepada masyarakat, membangun kekuatan dengan para kepala desa, sambil menunggu rekomendasi dari DPP PDIP.

Pak APJ dari Bogor Selatan, apa harapan Anda kepada warga di daerah Selatan?

Saya berharap selatan solid. Semoga para tokoh dan masyarakatnya bisa membuka mata dan telinga, bagaimana kita bersama-sama membangun Kabupaten Bogor, khususnya wilayah selatan. Karena satu-satunya calon dari Selatan yang mewakili. Dan Insya Allah, ini mungkin (Pilbup 2018) tahun keberuntungan saya. Untuk itu, saya mohon doa dan restu dari para tokoh ulama, masyarakat, para kepala desa, serta semua warga di Bogor Selatan. Mari sama-sama mengawal di kontestasi pilkada nanti.***

 

ARIE SURBAKTI | M.A MURTADHO |AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here