- Advertisement -
Advertising
Beranda RANAH Bogor Terima 1 Unit Alat PCR & Kampanye Protokol Kesehatan

Bogor Terima 1 Unit Alat PCR & Kampanye Protokol Kesehatan

Bogor  –  Akibat masuk Zona Merah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, menerima bantuan satu unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) portabel dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Diketahui bahwa, dengan alat tes virus Corona atau Covid-19 ini, maka hasil swab seseorang dapat terdeteksi dalam waktu satu jam. “Betul, kita dapat bantuan PCR portabel satu unit dari Pemprov Jabar. Nilainya hampir Rp 1 miliar,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, Senin 31 Agustus 2020. “Kapasitas 36 sampel setiap hari dan satu jam hasilnya keluar,” ucap Dedie menambahkan.

Alat PCR ini nantinya akan dioperasionalkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jalan Kesehatan No 3 Tanah Sareal Kota Bogor, setelah mendapat sertifikasi Bio Safety Cabinet Level 2 dan ijin dari Kementerian Kesehatan RI.

“Sertifikasi itu dilakukan oleh lembaga yang kredibel untuk mengatur apa dan bagaimana alat, tempat diatur dan resiko ditekan semaksimal mungkin,” tutur Dedie, yang juga Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19, itu.

Hingga saat ini, Pemkot Bogor sudah melakukan uji swab kepada 10.350 sampel spesimen dari total tes Corona sebanyak 11 ribu kali. “Target ini maksudnya untuk memetakan potensi kasus dan sebaran. Saat ini dari 11.000 sudah dilakukan 10.350 sampel spesimen dari swab test,” katanya.

“Setelah tercapai, tentu pemetaan kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan terus dilakukan selama pandemi masih terjadi,” ujar Dedie, menambahkan.

Kampanye Protokol Kesehatan

Sementara itu, akibat status Kota Bogor yang kini menjadi zona merah penyebaran Covid-19, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar melakukan kampanye protokol kesehatan. Kampanye secara massif itu dilakukan untuk menyadarkan masyarakat agar selalu patuh dengan protokol kesehatan yang ada. Salah satunya adalah penggunaan masker dan jaga jarak, serta tidak berkumpul.

Baca Juga :  Beroperasi 12 Kali Perjalanan, Dedie Rachim : KA Pangrango Kurangi Beban Kota Bogor

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kota Bogor, Siti Robiah mengatakan, sudah dua hari kebelakang di akhir pekan kemarin, jajaran Dinkes mobile ke beberapa titik khususnya yang masuk zona merah.

Dr. Siti Robiah Mubarokah

“Sabtu kemarin kita kampanye massif di pedestrian, dari RS Siloam sampai Tugu Kujang. Sekarang kita lakukan lagi dari RS Salak sampai Gedung DPRD dan kembali lagi. Kita ingin mengajak seluruh masyarakat Kota Bogor untuk memutuskan rantai penularan Covid-19,” kata Siti.

Baca Juga :  Mengintip Aktivitas Bima-Dedie Selama Ramadhan

Menurutnya, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan. Yakni dengan selalu cuci tangan, menjauhi kerumunan, dan selalu memakai masker. Penggunaan masker ini harus menutup mulut dan hidung saat berbicara atau berdekatan dengan orang lain.

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here