- Advertisement -
Advertising
Beranda PANGGUNG Genjot UMKM, Dadang-Sugeng Luncurkan Program Setara

Genjot UMKM, Dadang-Sugeng Luncurkan Program Setara

BOGOR – Lesunya geliat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bogor, menjadi perhatian Khusus calon Walikota Bogor Dadang Iskandar Danubrata. Dari hasil kunjungannya ke sejumlah tempat, serta masukan dari masyarakat, Dadang berkesimpulan kurang gregetnya geliat UMKM disebabkan persoalan minimnya modal dan kendala pemasaran.

Memahami persoalan ini, Dadang bertekad ingin membangkitkan UMKM di Kota Bogor. Salah satu terobosannya adalah melalui Program Setara dengan memberikan kucuran bantuan Rp 50 juta per RT.

Menurut Dadang, Program Setara akan diberikan dalam bentuk dana hibah sebesar Rp50 juta untuk satu RT setiap tahun. Bantuan tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan warga yang menjadi prioritas.

“Pembagiannya, 60% buat infrastuktur, 30% untuk pengembangam kemampuan warga melalui pinjaman tanpa agunan yang dikelola RT untuk UMKM dan sisanya 10 % untuk kepentingan sosial,” kata Dadang  kepada Polbo,  Selasa, 21 Maret 2018, malam.

Dadang menuturkan, jika ia dan pasangannya Sugeng Teguh Santoso dipercaya  masyarakat memimpin Kota Bogor, maka kebijakan yang akan dibuatnya akan berpihak kepada UMKM. Produk kebijakannya, mulai dari sisi penerbitan peraturan daerah, alokasi anggaran, pembentukan kelembagaan, penyediaan sarana dan prasarana, pengurusan perizinan hingga pelatihan bagi pelakunya.

“Sejatinya, UMKM adalah salah satu potensi yang dimiliki oleh Kota Bogor dan harus bangkit menyajikan produk yang mampu bersaing. Hal ini perlu didukung dari banyak pihak agar produk lokal dari UMKM dapat bersaing dan dipasarkan secara global,” ucapnya didampingi tim pemenangan pemenangan Rusmiatiningsih.

Selain Program Setara, opsi lain yang akan dilakukan Dadang berkaitan dengan UMKM adalah konsep yang dinamainya Pejuang Digital.

“Program Pejuang Digital merupakan langkah awal untuk membangkitkan kedaulatan ekonomi digital Indonesia yang akan mengubah nasib pelaku UMKM. Program ini ingin menciptakan entrepreneur baru yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi digital yang akan mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor penggeraknya,” tuturnya.

Baca Juga :  MCK Umum Rusak, Warga Paledang Mengadu ke Achmad Ru'yat

Dalam kesempatan itu, Rusmiatiningsih menambahkan, guna melengkapi dukungan membangkitkan UMKM, pihaknya juga menyiapkan Rumah Kreatif sebagai media komunikasi hingga pelatihan UMKM, mulai dari meningkatkan kualitas produk, kualitas branding, hingga kualitas pengemasan. Selain itu, dari sisi pemasaran, kemajuan ekonomi digital dapat mengoptimalkan pemasaran maupun branding produk UMKM.

“Rumah Kreatif itu akan membantu pelaku UMKM. Nantinya UMKM akan dibekali, mulai dari meningkatkan kualitas produk, kualitas branding, hingga kualitas packaging. Dengan adanya rumah kreatif, pengembangan kapasitas pelaku UMKM menjadi bagian dari digital economy system dapat terpenuhi. Tentunya juga dilengkapi operator, fasilitas komputer, internet, ruang konsultasi dan quality control. Harapan kami, mitra binaan UMKM dapat dikenalkan digitalisasi dan e-commerce. Kami berharap ini menjadi wadah yang dapat dimanfaatkan para mitra,” kata dia.

Baca Juga :  Caleg PAN Ganteng di Bogor Ini Dikelilingi Ratusan Emak-emak

 

M.A MURTADHO | HS

 

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here