- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Dewan Pers Mengecam Akhirnya Pemred Banjarhits Bebas

Dewan Pers Mengecam Akhirnya Pemred Banjarhits Bebas

Jakarta  –  Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, menyayangkan tindak pemidanaan terhadap mantan Pemimpin Redaksi Banjarhits, Diananta Putera Sumedi. Dikatakan M Nuh, bahwa kasus yang dihadapi oleh Diananta adalah kasus pers, sebab itu tidak layak dilakukan pemidanaan.

“Dewan Pers menilai kasus yang dihadapi saudara Diananta adalah kasus pers,” kata Ketua Dewan Pers dalam surat pernyataan yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Pers Senin 17 AGustus 2020.

“Oleh karena itu semua pihak semestinya memahami bahwa kasus pers harus diselesaikan berdasarkan UU Pers No. 40 tahun 1999,” lanjut pernyataan Dewan Pers dalam surat bernomor 02/P-DP/VIII/200 tentang Keprihatinan Dewan Pers Terhadap Pemidanaan Mantan Pemimpin Redaksi Banjar Hits, tersebut.

Lalu dalam surat pernyataan itu, Dewan Pers mengungkapkan pihaknya telah mengeluarkan Pernyataan Penilaian dan Rekomendasi Dewan Pers (PPR) No. 4/PPR-DP/II/2020 Tentang Pengaduan PT Jhonlin Agro Raya terhadap media siber Kumparan.

Masyarakat Menuntut Dibebaskannya Diananta

Diketahui, Diananta Putera Sumedi akhirnya dibebaskan usai rampung menjalani tahanan selama 3,5 bulan di tahanan Polres Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin 17 Agustus 2020. Dia ditahan karena berita-berita lahan desa dijadikan perkebunan sawit Jhonlin Group.

Diananta Sumedi ditahan karena menulis berita yang diduga menyinggung SARA. Berita yang dipermasalahkan berjudul “Tanah Dirampas Jhonlin, Dayak Mengadu ke Polda Kalsel” dan telah dimuat di Banjarhits.id pada 9 November 2019, lalu.

Pelapor atas nama Sukirman yang mengaku dari Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan melaporkan berita tersebut ke Polda Kalsel dengan aduan pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) pada November 2019. Diananta kemudian dijatuhi vonis hukuman penjara selama 3 bulan 15 hari oleh Pengadilan Negeri Pulau Laut, Kalimantan Selatan.

Saat keluar dari tahanan, Diananta dijemput langsung oleh istri serta tim pendamping ke Polres Kotabaru. Sang istri membawa buket bunga sebagai ucapan selamat.

Baca Juga :  Badra Kompak, Ru'yat Sendiri, Dua Paslon Cawalkot Absen di HJB

Setelah dihampiri istri, Diananta kemudian mengibarkan bendera merah putih di dalam ruangan di Polres tersebut. Ia pun mengucapkan “Merdeka” begitu resmi kembali bebas yang bertepatan dengan HUT RI ke-75.

Baca Juga :  Tagor Golkar Digoyang Isu Mosi Tidak Percaya

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here