- Advertisement -
Advertising
Beranda PANGGUNG Dialog Interaktif LPKP, Bermimpi Pilkada Bogor 2018 Lahirkan Pemimpin yang Baik

Dialog Interaktif LPKP, Bermimpi Pilkada Bogor 2018 Lahirkan Pemimpin yang Baik

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman saat membuka acara dialog interaktif yang digagas Lembaga Pemantau Kebijakan Publik (LPKP) | M.A Murtadho

BOGOR – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 sudah bergulir. Di Bogor, ada sembilan pasangan calon (paslon) yang menjadi kontestan, yakni empat paslon bupati dan wakil bupati, tiga paslon wali kota dan wakil wali kota. Masyarakat Bogor bermimpi Pilkada Bogor 2018 dapat melahirkan pemimpin hebat dan baik, yang mampu mengangkat derajat dua daerah penyangga Ibukota Jakarta ini.

Demikian harapan secara umum para peserta dan nara sumber dalam Dialog Interaktif bertema Refleksi Akhir Tahun Pemerintahan dan Menuju Awal Pemerintahan di rumah makan Emak Dadali, Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Selasa lalu, 23 Januari 2018. Acara ini digagas Lembaga Pemantau Kebijakan Publik (LPKP) bekerjasama dengan www.politikabogor.com, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota dan Kabupaten Bogor.

“Keinginan kami adalah pelaksanaan pilkada berkualitas agar mimpi-mimpi warga Bogor mendapatkan pemimpin yang hebat dan baik. Kenapa ? Karena pemimpin hebat dan baik akan mampu membawa Bogor kota dan kabupaten menjadi daerah maju yang masyarakatnya sejahtera,” kata Rahmat Syamsul Anwar Direktur Eksekutif LPKP.

Simak juga : Survei Indekstat di Pilkada Bogor 2018, Sentimen Agama Sangat Tinggi

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan mendukung penuh dialog interaktif atau forum-forum lainnya yang diprakarsai elemen masyarakat, termasuk mahasiswa. Ia menilai, kegiatan tersebut memiliki edukasi positif bagi masyarakat dalam menghadapi tahun politik 2018. Selain itu, forum diskusi ini bisa memberikan pencerahan bagi para calon kepala daerah yang bertarung di kontestasi pilkada serentak.

“Ini acara yang sangat luar biasa, sangat menginspirasi, karena acara ini menjelang tahun politik, dan evaluasi kinerja selama lima tahun masa kepemimpinan, dan mudah-mudahan kedepan mampu melahirkan pemimpin berkualitas, pemimpin hebat dan pemimpin yang baik,” kata Usmar saat member sambutan.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Djuanda Sandi Maftuh F berharap ada kegiatan serupa dengan menghadirkan para kontestan yang akan berlaga di pentas pilkada nanti. Menurut dia, dialog intraktif akan berlangsung lebih cantik dan elok karena audiens bisa saling tukar pemahaman.

Baca Juga :  Habib Muksin Empang Doakan Iwan Gerindra Jadi Bupati Bogor

Simak juga : Launching Pilwalkot Bogor 2018, KPUD : Jumlah Hak Pilih 762 Ribu Suara

“Mereka kan yang akan mengisi panggung kontestasi pemilihan. Nah, pemikiran para calon bisa memberikan pemahaman kepada para calon pemilihnya nanti.  Karena kami bisa menilai kualitas para kandidat yang bakal menjadi pemimpin kami. Jadi, ke depan sebaiknya dihadirkan para bakal calon kepala daerahnya,” ujar Sandi.

Ketua KPUD Kabupaten Bogor Haryanto Surbakti mengatakan lembaganya masih fokus menyelesaikan permasalahan teknis para kontestan, terutama paslon jalur perseorangan, yakni Ade Wardhana Adinata-Asep Ruhiyat dan Gunawan Hasan-Ficky Rhoma Irama. Paslon independen masih harus melakukan perbaikan syarat dukungan KTP elektronik.

“Kami sebagai penyelenggara, hanya menerima dan menyelesaikan berkas, terutama dalam hal administrasi persyaratan paslon. Selebihnya siapa yang akan dipilih menjadi pemimpin, itu dikembalikan kepada masyarakat sendiri,” ujar Haryanto.

Baca Juga :  Asep Ruhiyat Siap Bertarung di Komplek Perumahan

Simak juga : Seperti Ini Skenario Poros Politik di Pilbup Bogor 2018

Adapun Ketua KPUD Kota Bogor Undang Suryatna mengatakan, kegiatan dialog menjelang pilkada itu penting. Menurut dia, mahasiswa sangat membantu kinerja KPUD untuk suksesi tahapan Pilkada. “KPUD hanya besifat teknis. Namun kami berkewajiban mensosialisasikan seluruh tahapan pilkada,” katanya.

Dialog interkatif menghadirkan nara sumber Dewan Redaksi www.politikabogor.com Danang Donoroso, Undang Suryatna Ketua KPUD Kota Bogor, Haryanto Surbakti Ketua KPUD Kabupaten Bogor, Beddy Irawan pengamat politik Universitas Juanda, Redy Hendra Gunawan Chief Excekutive Of Oprational Indekstate dan Ucok Sky Khadafi dari Centre Budjet Analysis (CBA). Acara juga dihadiri mahasiswa dari BEM Unida, UIKA, Pakuan dan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Bogor.

 

 

M.A MURTADHO | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here