- Advertisement -
Advertising
Beranda NUSANTARA Dukungan Gubernur Jabar Terpilih, Kunci Kemenangan di Pilpres 2019

Dukungan Gubernur Jabar Terpilih, Kunci Kemenangan di Pilpres 2019

Ilustrasi Pilgub Jabar 2018 | tempo.co

JAKARTA – Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) hasil Pemilihan Gubernur Jawa Barat pada 2018 mendatang akan berpengaruh pada Pemilihan Presiden yang akan digelar 2019 mendatang.

“Dalam konteks pilpres 2019, calon gubernur mana yang terpilih pada pilkada 2018 dan siapa calon presiden yang ia dukung akan berpeluang memenangkan pilpres di Jawa Barat,” kata Djayadi seperti dinukil dari www.tempo.co, saat memaparkan hasil survei SMRC di Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis, 2 November 2017.

Djayadi menilai Pilgub Jabar krusial sebab provinsi ini menyumbang 18 persen pemilih nasional alias terbesar di Indonesia. Suara di Jawa Barat, kata Dyajadi, akan berpengaruh terhadap perolehan suara pada Pilpres 2019.

Ia merujuk pada Pilpres 2014. Dukungan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kepada Prabowo Subianto berdampak pada kemenangan Prabowo di Jawa Barat.

Adapun berdasarkan survei SMRC, Ridwan Kamil memiliki potensi paling besar untuk memenangkan  Pilgub Jabar 2018. Djayadi mengatakan tren dukungan terhadap Ridwan Kamil konsisten berada di tingkat teratas.

“Secara konsisten kami menemukan, mulai dari simulasi top of mind atau simulasi beberapa nama, Ridwan Kamil unggul,” kataya.

Dari berbagai simulasi pilihan, elektabilitas Ridwan Kamil berada di urutan teratas dengan jumlah dukungan berkisar 16,8 hingga 64 persen. Dalam pertanyaan top of mind, Wali Kota Bandung ini mendapatkan dukungan terbanyak yakni sebesar 16,8 persen.

Adapun nama lain memperoleh angka di bawah 10 persen untuk pertanyaan top of mind. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memiliki elektabilitas sebesar 3,8 persen, disusul Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dengan 2,2 persen. Nama-nama lain yakni Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dengan elektabilitas 1,5 persen, Dede Yusuf Macan Effendi 0,9 persen, dan sejumlah nama lain.

Baca Juga :  IPB Antisipasi Tamu Terdampak Virus Corona

Survei ini dilakukan terhadap 800 responden di Jawa Barat pada 27 September hingga 3 Oktober 2017. Metode yang digunakan yakni multi-stage random sampling dengan margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Presentasi survei SMRC ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, dan anggota Partai Gerindra sekaligus Ketua Badan Legislatif DPR, Supratman Andi Agtas.

Baca Juga :  Merapat ke Prabowo Subianto, Jaro Ade Makin Berkibar

 

ANDINA R.S | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here