- Advertisement -
Advertising
Beranda RANAH Geruduk Gedung DPRD, Mahasiswa dan Pedagang Pertanyakan Pemenang Lelang Blok F

Geruduk Gedung DPRD, Mahasiswa dan Pedagang Pertanyakan Pemenang Lelang Blok F

BOGOR – Kisruh rencana revitalisasi Blok F Pasar Anyar terus berlanjut. Puluhan pedagang dan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Pakuan menggeruduk kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Selasa, 16 Januari 2018. Pengunjuk rasa menuding banyak kejanggalan dan terindikasi ada kongkalikong dalam proses lelang sistem beauty contest yang dilakukan PD. Pasar Pakuan Jaya.

Rahmat Hidayat Wakil Ketua II Eksternal PMII Pakuan mengungkapkan, PD. Pasar Pakuan Jaya telah menunjuk PT. Mulya Giri sebagai pelaksana Kerjasama Operasional (KSO) Pasar Anyar Blok F. Penunjukan perusahaan tersebut ditenggarai banyak kejanggalan. Sebab, PT. Mulya Giri KSO diketahui sudah dua kali gagal mengikuti lelang beauty contest.

“PT. Mulya Giri KSO tidak memenuhi persyaratan sebagai pelaksana revitaliasi pasar sebagaimana tertuang dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK). Namun,  secara aklamasi PD Pasar Pakuan Jaya tetap menunjuk PT.Mulya Giri sebagai investor revitalisasi Pasar Anyar Blok F.Kenapa dan ada apa? Ada indikasi kongkalingkong dalam penetapan pemenang lelang,” kata Rahmat kepada wartawan disela-sela aksi unjukrasa.

Simak juga : Jika Bima Arya Pemimpin Taat Hukum, Pedagang : Stop Revitalisasi Pasar Anyar Blok F

Mahasiswa menyatakan, dugaan adanya pat gulipat antara PD Pasar Pakuan Jaya dengan PT. Mulya Giri merujuk jejak rekam proses lelang beauty contest. Musababnya, perusahaan tersebut  sudah dua kali kalah atau gagal lelang proyek revitalisasi Blok F. “Anehnya PT.Mulya Giri tetap dipilih sebagai pemenang oleh PD Pasar Pakuan Jaya,” tegas Rahmat.

Keberatan pedagang Blok F juga terkait Pembangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS). Lokasi TPS pedagang  dinilai tidak layak, tidak strategis dan rawan banjir. Pedagang juga tidak diajak bermusyawarah dalam proses revitalisasi dan pembangunan TPS. Makanya, para pedagang mengaku dirugikan dengan keputusan sepihak PD. Pasar Pakuan Jaya.

Baca Juga :  Serikat Pekerja Danone Aqua Grup Perjuangkan Kenaikan Upah

“Revitalisasi ini menimbulkan banyak kerugian dan keresahan untuk kami para Pedagang Blok F. Site plant tidak juga diberitahukan kepada pedagang. Jadi wajar kalau banyak muncul pertanyaan dari kami selaku pedagang,” ungkap Suryanto alias Toto, Ketua Ketua Paguyuban Pedagang Blok F Pasar Anyar.

Simak juga : Kenapa AMPB Demo Kasus Angkahong ke KPK ? Ini Alasannya

Toto mengatakan,  banyaknya permasalahan proses revitalisasi yang semakin berlarut-larut telah merugikan para pedagang. Para pelaku ekonomi di Blok F Pasar Anyar menuntut Wali Kota Bogor untuk turun tangan menyelesaikan konflik pembangunan  pasar ini.

Baca Juga :  Begini Ikhtiar Bima Arya Bereskan Masalah Jalan R3

Selain itu, Toto mengungkapkan, Pemerintah Kota Bogor melalui PD Pasar Pakuan Jaya seharusnya tidak melakukan kegiatan apapun di lokasi, karena revitalisasi Blok F Pasar Anyar dalam proses gugatan hukum di Pengadilan Negeri Bogor. Karena belum ada putusan hukum tetap, maka Blok F dalam posisi status quo.

“Kami hanya ingin diperlakukan secara adil dan manusiawi. Karena kami yang banyak dirugikan. Wali Kota Bogor jangan tutup mata dan telinga terkait persoalan revitalisasi Blok F,” tegas Toto.

 

YAYAT SUDARJAT | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here