- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Geruduk Mapolres Bogor Kota, Tuntut Kapolri Nonaktifkan Kapolda Metrojaya

Geruduk Mapolres Bogor Kota, Tuntut Kapolri Nonaktifkan Kapolda Metrojaya

BOGOR – Ratusan simpatisan Rizieq Shihab datangi Markas Polres Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Selasa, (15/12/20) Siang.

Mereka yang tergabung dalam Aliansi NKRI dan FPI Kota Bogor berkumpul didepan Mapolres Bogor Kota sekiranya pukul 13:30 WIB. Kalimat orasi terdengar riuh berbarengan dengan bisingnya kendaraan yang memadati lintasan jalan Kapten Muslihat. Ada yang berteriak takbir, banyak juga yang melantunkan shalawat selama proses unjuk rasa berlangsung. Hingga akhirnya tak lama berselang, pihak kepolisian mengizinkan para pendemo itu masuk kedalam teras Mapolres Bogor Kota.

Diketahui kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi dari beberapa poin pasca ditahannya Rizieq Shihab dan tewasnya enam orang laskar FPI.

Ketua Aliansi NKRI Kota Bogor, Abdul Halim menerangkan, ada beberapa sikap yang menjadi sorotan. Pertama yang menjadi fokus kami, kata dia, terkait kejadian warga sipil yang tewas ditangan polisi tanpa melalui proses pengadilan yang sah. Dirinya juga mengkritisi tentang penanganan Rizieq Shihab yang terjerat delik penghasutan diatur dalam pasal 160 KUHP.

“Dan disini banyak ahli sudah menyampaikan delik penghasutan yang diatur dalam pasal 160 KUHP itu, ternyata deliknya materil. Artinya hanya bisa dituduhkan apa bila ketika akibat penghasutan tersebut sudah terjadi tindakan terhasut yang sudah terjadi kejadiannya. Ini sudah dikukuhkan dalam keputusan MK terhadap uji materil atas pasal 160 KUHP yang tertuang dalam putusan nomor 7/PUU-VII/2009,” ungkapnya kepada awak media.

Tak hanya itu, para simpatisan Rizieq Shihab juga menyampaikan tuntutan terhadap Kapolri untuk menonaktifkan sementara Kapolda Metrojaya agar tercapainya netralitas pemeriksaan.

“Pengumuman dan pemeriksaan secara resmi dalam aksi penembakan beberapa prajurit bawahannya terhadap enam warga sipil, dalam tragedi seperti kami sebut pembegalan di KM 50, serta melakukan tindakan tegas kepada Kapolda Metro Jaya. Dengan buktinya apa? melakukan pernyataan dan pengakuan melalui media resmi tentang bertanggung jawab atas kejadian tersebut,” tegasnya.

Baca Juga :  Para Purnawirawan, Janda dan Keluarga TNI di Bogor Minta Bantuan Presiden Jokowi

Sementara, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Hendri Fiuser, mengaku akan membuat laporan dan menyampaikan kepada pimpinannya atas aspirasi para pengunjuk rasa.

“Kegiatan ini pun akan kita sampaikan kepada bapak Kapolda Jawa Barat, kemudian apa butir-butir aspirasi mereka akan kami tuangkan dalam laporan itu. Karena kapasitas saya di situ. Saya tekankan kepada mereka tetap jaga kondusifitas keamanan dan kenyamanan di Kota Bogor,” katanya.

Baca Juga :  Para Purnawirawan, Janda dan Keluarga TNI di Bogor Minta Bantuan Presiden Jokowi

Dirinya juga meminta agar pimpinannya menjalankan proses hukum yang netral.

“Proses hukum disana mudah-mudahan bisa berlaku dengan seadil-adilnya dan sebenar-benarnya,” tandasnya.

Tim Polbo | Yudha Prananda

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here