- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Golkar dan PDI-P Sepakat Bentuk Koalisi Pancasila di Pilkada Serentak 2018

Golkar dan PDI-P Sepakat Bentuk Koalisi Pancasila di Pilkada Serentak 2018

ilustrasi koalisi sepakat PDIP dan Golkar

BANDUNG – Konstelasi politik jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 semakin memanas. Setelah Gerindra, Demokrat, PAN dan PPP sepakat membentuk Poros Baru Mendengar, kini giliran PDI-P dan Partai Golkar sepakat berkoalisi.

Partai berlambang pohon beringin dan kepala banteng ini sepakat berkoalisi dengan label Koalisi Pancasila. Bila tidak ada aral melintang, Koalisi Pancasila akan dituangkan dalam Momerandum Of Understanding (MoU) yang akan ditandatangani pekan depan.

“Dari dua kali pertemuan kami dari PDIP Jabar sepakat membangun koalisi bersama Partai Golkar. Koalisi ini tidak hanya untuk pilgub saja tetapi juga untuk 16 kabupaten/kota di Jabar menghadapi pilkada serentak,” ujar Ketua DPD PDI-P Jawa Barat, TB. Hasanudin dalam siaran persnya, Selasa, 17 Oktober 2017.

Terbangunnya ‘Koalisi Pancasila’ ini diyakini menjadi kekuatan besar di ajang demokrasi lima tahunan tersebut. Apalagi PDIP dan Golkar bakal mendapat tambahan dukungan dari Hanura.

Disebutkan TB Hasanudin, dalam pertemuan tersebut diperoleh dua kesepakatan penting. Salah satunya sepakat berkoalisi di Pilkada 16 kabupaten/kota dan juga di Pilgub Jabar 2018.

“Hasil pertemuan kemaren masing-masing partai akan membawanya ke DPP. Nantinya tinggal DPP menindaklanjuti hasil dari pertemuan kami membentuk Koalisi Pancasila,” tegas TB Hasanudin.

Terkait pasangan calon di pilgub sendiri, TB Hasanudin mengatakan belum berbicara kearah itu. “Masalah siapa cagub dan cawagubnya, biar nanti DPP yang menentukan. Kami d DPD akan fatsun akan keputusan DPP terkait siapa nomer 1 dan siapa nomer 2,” paparnya.

Dibagian lain, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengatakan koalisi yang dibangun antara kedua partai ini bukan hanya dalam tataran politis saja. Tapi juga menyangkut hal paling mendasar di mana kedua partai sepakat untuk mempertahankan Jabar sebagai provinsi yang beragam, baik dari sisi sumber daya manusia dan sumber daya alamnya.

Baca Juga :  Mas Nungki Berpeluang Maju di Pilkada 2018

“Karena gubernur hanyalah tenaga administratif. Kalau politis hanya terkait kepala daerah. Tapi substansif ideologis lebih luas,” ujar Dedi.

Baca Juga :  Ru'yat-Zaenul Bakal Jadikan Kota Bogor Kota Terbaik se Indonesia

Hadirnya Koalisi Pancasila, menjadi salah satu hasil keputusan rapat pleno DPP Golkar, yang membebankan DPD untuk mencati rekan koalisi. “Artinya tugas kami d DPD untuk mencari koalisi sudah selesai,” jelas Dedi.

DIAN PRIMA | DP

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here