- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Horee . . . Usia 60 Keatas Bisa Di Vaksin

Horee . . . Usia 60 Keatas Bisa Di Vaksin

Jakarta  –   Kekhawatiran warga masyarakat yang berusia diatas 60 tahun karena tidak akan di vaksin, akhirnya terjawab sudah. Hal tersebut terjawab, setelah didapat keterangan bahwa World Health Organization (WHO) berhasil melakukan kerjasama pengembangan vaksin dengan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI) dengan melibatkan vaksin produksi Astra Zeneca.

Bahkan, untuk warga yang tergolong lanjut usia (Lansia) diatas 60 tahun, kemungkinan akan mendapatkan puluhan juta vaksin Covid-19 dari AstraZeneca. Berdasarkan surat GAVI akhir Januari 2021 lalu, aliansi tersebut telah memberikan konfirmasi mengenai indikasi alokasi tahap awal sebesar 13,7 juta hingga 23,1 juta dosis vaksin AstraZeneca untuk Indonesia, yang nantinya akan dikirimkan melalui 2 tahap, yaitu: kuartal I, sebanyak 25-35% dan kuartal II sebanyak 65-75% dari alokasi tahap awal tersebut.

Pendistribusian vaksin AstraZeneca itu mendapatkan WHO EUL (Emergency Use Listing), dan telah mendapatkan validasi dari kelompok Independent Allocation of Vaccines Task Force (AIVG) yang menjamin ketersediaan suplainya dari manufaktur sesuai dengan perkiraan awal.

Sebagai persiapan pengiriman vaksin tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melakukan koordinasi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin guna menindaklanjuti beberapa hal yang harus dilakukan.

Namun, Vaksin AstraZeneca nantinya harus mendapatkan Emergency Use of Authorization (EUA) dari Badan POM sebelum digunakan bagi warga berusia diatas 60 tahun, di Indonesia. “Ini bukti keberhasilan diplomasi kita, melalui COVAX, sehingga kita mendapatkan akses vaksin gratis dan dalam waktu yang cepat tentunya akan melengkapi jenis vaksin yang sudah ada saat ini.

Disebutkan, vaksin AstraZeneca adalah salah satu vaksin yang dapat digunakan pada usia 60 tahun keatas, dimana kelompok ini memiliki angka kematian tertinggi,” kata juru bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi.

Baca Juga :  Stimulus Dinaikan BBM TDL BPJS Harus Turun

Adanya vaksin dari COVAX ini, akan banyak membantu kemampuan anggaran negara guna memenuhi kebutuhan program vaksinasi, karena pengadaan vaksin melalui GAVI, sifatnya gratis bagi negara miskin dan berkembang.

Vaksin dari GAVI akan melengkapi kebutuhan program vaksinasi Covid-19 untuk 181 juta penduduk Indonesia yang dianggap memenuhi syarat mengikuti program ini.

Baca Juga :  Tiket Balon Bupati Bogor dari Demokrat Lewat Dede Candra

Berdasarkan komitmen, Indonesia akan mendapatkan 663 juta dosis vaksin dari AstraZeneca Inggris, Sinovac dari Tiongkok, Novavax dari Amerika dan Kanada, serta Pfizer dari Amerika.

Tim PolBo / Jacky Wijaya

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here