- Advertisement -
Advertising
Beranda RANAH Ini Jurus KPU untuk Antisipasi PPK Titipan

Ini Jurus KPU untuk Antisipasi PPK Titipan

Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Mustakim | Herry Setiawan

CIBINONG – Persiapan Pilbup Bogor 2018 telah dilakukan KPU Kabupaten Bogor dengan melakukan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Seleksi tertulis dilakukan dengan diikuti 412 calon PPK di Gedung Tegar Beriman, Jumat 20 Oktober 2017.

Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Mustakim punya jurus tersendiri untuk mengantisipasi calon anggota PPK titipan para bakal calon kandidat Bupati-Wakil Bupati Bogor. Ini jurusnya.

“Sampai saat ini kami belum menemukan calon PPK titipan yang dimaksud. Tapi langkah antisipasi kami pertama adalah para calon telah membuat surat pernyataan tidak terlibat sebagai kader parpol selama 5 tahun terakhir,” kata Mustakim kepada polbo, di sela tes tertulis hari ini.

Guna menguatkan surat pernyataan tersebut, Mustakim menegaskan para calon akan diwawancarai setelah lulus ujian tertulis.

“Dari wawancara itu, kami dapat memastikan bahwa para calon PPK adalah orang independen dan bersikap netral di Pilbup Bogor 2018,” ujar jebolan ilmu komunikasi Unhas Makassar tahun 98.

Ayah 1 anak ini menambahkan, para calon PPK yang sudah 2 periode sejak 2005-2009 dan 2010-2014 tidak boleh mencalonkan di posisi yang sama.

“Tapi boleh mencalonkan diri di posisi berbeda setingkat atau dua tingkat di bawahnya. Ini berdasarkan SE KPU nomor 183 tahun 2015. Setelah itu komisioner KPU akan menentukan anggota PPK yang telah lulus ujian tertulis dan wawancara,” kata pria flamboyan 46 tahun ini.

Sementara persyaratan lainnya, lanjut pemegang Magister Ilmu Komunikasi Politik Universitas Mercubuana, adalah bukan pemakai narkoba, tidak pernah divonis penjara 5 tahun ke atas dan berusia minimal 17 tahun.

Nantinya para peserta akan dikerucutkan menjadi 400 orang dengan komposisi 10 orang anggota PPK di setiap kecamatan. Jika ada yang melanggar ketentuan di tersebut, para calon akan dilaporkan ke panwaslu oleh masyarakat. Jika pelanggaran dikategorikan administratif, Panwaslu akan memberi rekomendasi ke KPU. Namun jika masuk kategori pelanggaran pidana maka Panwaslu akan melaporkan ke polisi.

Baca Juga :  Botani Mart Pusat Tanaman Hias, Buah dan Pupuk Berkualitas

“Kalau ada laporan masyarakat yang mengetahui bahwa si A adalah titipan dari bakal calon kandidat tertentu akan kami tindak tegas sesuai mekanisme yang berlaku,” tandas Mustakim.

Baca Juga :  Pengaruh Ade Yasin dan Zaenul Mutaqin, Rindu Bisa Menang di Bogor

HERRY SETIAWAN | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here