- Advertisement -
Advertising
Beranda IMPRESI Jaro Ade Figur Tepat Memimpin Tegar Beriman

Jaro Ade Figur Tepat Memimpin Tegar Beriman

KABUPATEN Bogor sebagai daerah penyangga Ibukota dengan berbagai potensi yang dimilikinya memang cukup menarik perhatian banyak pihak. Potensi yang dimilikinya dari berbagai sektor, seperti Sumber Daya Alam (SDA), pariwisata, pertanian, perkebunan dan sektor lainya.

Di sisi lain, untuk mengelola Kabupaten Bogor ini juga bukan hal mudah dan penuh tantangan, jika ditinjau dari luas wilayahnya Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang amat luas dengan 40 kecamatan, 417 desa dan 19 Kelurahan, serta merupakan daerah dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, dan tingkat kualitas SDM yang dapat dibilang masih tertinggal.

Dari berbagai faktor diatas tentu perlu Kepala Daerah yang tepat untuk memimpin dan mengelola Kabupaten Bogor. Tahun ini, dalam Pilkada serentak bulan Juni mendatang masyarakat Kabupaten Bogor juga akan memilih pemimpin. Momentum ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh segenap masyarakat Bogor untuk melahirkan Pemimpin yang tepat, memiliki kapabilitas dan integritas.

Dengan segala potensi yang ada, seharusnya Kabupaten Bogor dapat melangkah jauh dan melompat tinggi mengejar ketertinggalan. Hal itu semua dapat terwujud apabila pemimpinnya mampu mengoptimalkan segala potensi yang ada serta mentransformasi tantangan diatas menjadi peluang di masa yang akan datang.

Sebagai masyarakat, dalam hal memilih pemimpin tentu ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan. Dalam konteks Kabupaten Bogor, dengan segala persoalan yang ada serta potensi yang dimilikinya tentu figur yang tepat ialah sosok yang memiliki segudang pengalaman, rekam jejak yang teruji, dan visi kedepan.

Saat ini sudah ada 5 pasangan calon yang ditetapkan oleh KPUD Kabupaten Bogor untuk berlaga dalam kontestasi Pemilihan Bupati bulan Juni mendatang. Dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh kelimanya, jika kita meninjau dari segi rekam jejak, pengalaman dan karakter maka sosok Ade Ruhandi adalah salah satu figur yang tepat untuk memimpin bumi tegar beriman ini.

Pria asal kaki Gunung Halimun ini memiliki segudang pengalaman dan jenjang karir yang dimulai dari bawah, selain itu Ia juga memiliki rekam jejak yang baik dan teruji, dan memiliki visi yang jauh kedepan dalam membangun Kabupaten Bogor.

Pria yang akrab dengan panggilan Jaro Ade ini, mengawali karir sebagai Kepala Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya. Setelah sukses menjadi Kepala Desa, Ia menjadi Anggota DPRD sejak tahun 2008. Karirnya kian menanjak ketika Dia terpilih dalam Pemilihan Legislatif tahun 2009, dan dipercayakan sebagai Ketua Komisi di DPRD Kabupaten Bogor.

Kerja nyata disertai kemampuan komunikasi politik yang dimilikinya menghantarkan dirinya menduduki posisi sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor dari tahun 2012 sampai 2014. Kerja nyatanya sebagai “Wakil Rakyat” tampaknya mendapat apresiasi dan dirasakan oleh konstituennya, indikasi tersebut dapat dilihat dalam Pemilihan Legislatif tahun 2014 ia terpilih kembali menjadi Anggota DPRD dan kemudian dikukuhkan sebagai Ketua DPRD Kaupaten Bogor.

Baca Juga :  Jaro Ade Menang, Jusuf Kalla Kirim Karangan Bunga Ucapan Selamat

Beberapa pencapaian dan prestasinya juga berhasil diguratkanya. Mengingat latar belakang dirinya yang terlahir dari Keluarga sederhana, dari seorang ayah yang berprofesi sebagai petani serta ibu yang merupakan seorang guru ngaji, tampaknya terbawa sampai kini sehingga membuat dirinya tidak lepas dari nasihat para Habaib, Kyai dan Ustadz.

Sebagai pentolan parlemen Tegar Beriman, dirinya sangat akomodatif dan senang turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi serta untuk mengetahui persoalan dan permasalahan rakyat.

Disisi lain, dirinya juga memiliki jaringan dan hubungan yang baik dengan para elit nasional dan kalangan pemimpin nasional. Ia juga merupakan sosok yang berani menyerap aspirasi masyarakat dan berjanji mencarikan solusi atas persoalan yang ada di masyarakat, serta memiliki kemampuan untuk merealisasikannya. Tampaknya memang bukan hal yang sulit baginya, mengingat segala kompetensi dan jaringan yang dimilikinya.

Baca Juga :  Jaro Ade Menang, Jusuf Kalla Kirim Karangan Bunga Ucapan Selamat

Mengawali tahun 2018, Jaro Ade sebagai Ketua DPRD menerima rombongan guru honorer yang mengadukan nasibnya karena tak ada kejelasan tentang pengangkatan guru honorer menjadi PNS. Aspirasi itu diserap oleh Jaro Ade, ia pun menjanjikan akan mengupayakan mencarikan solusi atas persoalan tersebut. Tak lama setelah menerima kunjungan para guru honorer itu, ia pun langsung bersurat kepada sang RI 1.

Jaro Ade ini memang dikenal memiliki hubungan yang baik dengan Pemerintah Pusat. Sekali lagi Ia membuktikan bahwa janji-janjinya dapat ia realisasikan, tak lama berselang setelah ia melayangkan surat kepada Presiden terkait persoalan guru honorer di Kabupaten Bogor, Pak Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI, memberikan statement bahwa pada tahun ini para guru honorer akan diangkat menjadi PNS. Hal ini membuat para guru honorer berterima kasih dan bersyukur, setelah penantian lama, akhirnya mendapat titik terang.

Pada tanggal 27 Juni mendatang, demi Kabupaten Bogor untuk perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik serta bersih dari pengaruh dinasti politik, maka hemat saya Kang Jaro Ade merupakan pilihan yang tepat. Dialah pilihan terbaik dari kelima pasangan calon yang ada. Semoga Allah Swt meridhoi, serta masyarakat memberikan dukungan serta pilihannya kepada Jaro Ade untuk menjadi Bupati Bogor periode 2018-2023.***

 

Penulis adalah lulusan Hubungan internasional (HI) Fakultas Fisip paramadina, Jakarta.

 

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here