- Advertisement -
Advertising
Beranda SILUET Jika Terpilih, Harry Ara Berkomitmen Memimpin dengan Kearifan Budaya Sunda

Jika Terpilih, Harry Ara Berkomitmen Memimpin dengan Kearifan Budaya Sunda

POLITIKUS Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Harry Ara berkomitmen memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal budaya sunda. Itu akan dilakukan apabila dirinya terpilih menjadi Wakil Wali Kota Bogor periode 2018-2023.

“Saya akan memimpin Kota Bogor dengan prinsip silih asah, silih asih, silih asuh. Itu merupakan komitmen dalam menjaga nilai-nilai budaya di Tatar Pasundan,” ungkap bakal calon wakil wali kota Bogor 2018 dari Partai Gerindra itu, kepada polbo di Bogor, Senin 11 Desember 2017.

Ketua Tim Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan (TP 4 Kota Bogor) ini mengatakan, masih menunggu keputusan rekomendasi bakal calon kepala daerah dari DPP Gerinda. Ia optimistia bahwa Ketua Umum Geridra, Prabowo Subianto akan mengusung kader terbaik di Pilwalkot Bogor 2018.

“Siapapun yang akan di rekomendasi dan memimpin kota Bogor ke depan, yang terpenting dapat memegang teguh nilai nilai karuhun di tatar pasundan,” Harry mengatakan. “Silih asah, silih asih, silih asuh sebagai falsafah hidup bagi masyarakat Sunda.”

Menurur Harry, silih asah yang berarti saling memberi pengetahuan dengan cara saling mengingatkan, saling membangun kesadaran akan ilmu pengetahuan dan saling mendukung dalam pengembangan diri sesama manusia, guna membentuk satu kesatuan dalam mencerdaskan masyarakat.

“Karena masyarakat yang cerdas merupakan satu syarat terbentuknya masyarakat yang kuat, tanpa kecerdasan dan kesadaran akan ilmu pengetahuan. Masyarakat akan kehilangan hakikat dan kemerdekaannya sebagai manusia sehingga tanpa ilmu pengetahuan masyarakat akan mudah untuk dibodohi, didiskriminasi dan dieksploitasi,” jelas Harry.

Kemudian falsafah silih asah, Harry menceritakan, merupakan semangat yang membangun dan menumbuhkan khazanah keilmuan bagi masyarakat yang menekuni rukun hidup silih asah. Biasanya, dalam ilmu pengetahuan akan berdampingan dengan dimensi etis, sehingga ilmu pengetahuan akan membebaskan dan mengangkat derajat masyarakat dari keterbelakangan.

Baca Juga :  Kukuh Gerindra Terbukti Kokoh

“Karena silih asih yang berarti saling menebar cinta kasih atau rasa saling menyayangi,” imbuhnya.

Harry berharap silih asih dapat mendarah daging bagi masyarakat sunda. karena makna yang tersimpan didalamnya terdapat nilai-nilai ketauhidan, dengan begitu mental masyarakat akan menjungjung tinggi nilai-nilai persamaan.

“Kalau masyarakat kota Bogor yang dapat mempraktek silih asih maka akan terjalin saling menghormati satu sama lain serta akan menjungjung tinggi nilai persamaan dengan tidak menganggap adanya kelas sosial.

Baca Juga :  KPU Nyatakan Ade Wardhana-Asep Ruhiyat Lolos Syarat Pencalonan

Harry optimis, dengan adanya “ajaran karuhun” ini, bila dipegang teguh ketika memimpin, niscaya akan amanah memimpin kota hujan 5 tahun ke depan,” ungkap Harry.

M.A. MURTADHO | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here