- Advertisement -
Advertising
Beranda DALIL Kejari Kota Bogor Eksekusi Tiga Terdakwa Angkahong

Kejari Kota Bogor Eksekusi Tiga Terdakwa Angkahong

Bogor – Tiga terdakwa dalam perkara penyimpanan pengadaan lahan Jambu Dua atau dikenal kasus Angkahong telah dieksekusi Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bogor. Hal itu dilakukan setelah Mahkamah Agung (MA) menerbitkan surat putusan pasca kasasi yang diajukan oleh terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Ketiga terdakwa yakni Hidayat Yudha Priatna mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Irwan Gumelar mantan Camat Tanah Sareal, dan Ronny Nasrun Adnan sebagai Ketua Tim Apraisal. 

Berdasarkan putusan MA nomor 994 K/PID.SUS/2017 tertanggal 27 Juli 2017, Hakim Agung yang menangani perkara tersebut adalah Prof Abdul Latif SH, Lumme SH dan DR Artidjo Alkostar, SH memutuskan dan menyatakan terdakwa Hidayat Yudha Priatna terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

Dalam petikan putusan, terdakwa dijatuhkan hukuman pidana penjara 6 tahun dan pidana denda Rp 200 juta dengan ketentuan apabila pidana denda tidak dibayarkan maka terdakwa dikenakan pidana pengganti berupa kurungan 6 bulan penjara. 

Sementara dua terdakwa lain yakni Irwan Gumelar dan Ronny Nasrun Adnan juga ditambahkan, hukuman pidana penjara 5,5 tahun.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Raymon Ali membenarkan adanya putusan tersebut. Namun dirinya hingga kini belum menerima salinan putusan yang lengkap.

“Ya benar bahwa kami telah menerima informasi itu. Akan tetapi kami belum menerima salinan dokumen putusan lengkapnya,” ujar Raymon Ali kepada wartawan pada Selasa (22/8/2017) malam.

Sementara itu, kata Raymon, untuk menindaklanjuti perkara korupsi pengadaan lahan di Kota Bogor tersebut menurutnya perlu adanya berkas salinan putusan dari MA.

“Untuk perkembangan nantinya saya akan informasikan kembali,” tandasnya.

Terpisah saat ditanya, Kepala Seksi Intelijen Kejari Kota Bogor, Andhie Fajar Arianto membenarkan bahwa petikan putusan kasasi tiga terdakwa dalam perkara penyimpangan pengadaan lahan Jambu Dua sudah diterima oleh pihak Kejari Kota Bogor pada Senin (14/8).

Baca Juga :  Komjen Listyo SP Dituntut Tuntaskan Kasus Investasi ‘Bodong’

“Dan berdasarkan pertikan putusan kasasi tersebut pada hari Rabu (16/8) telah dilaksanakan eksekusi badan terhadap tiga terdakwa. Terpidana Yudha dan Irwan dieksekusi di Lapas Sukamiskin. Sedangkan Ronny Nasrun Adnan di Lapas Kebon Waru,” kata Andhie ditemui diruang kerjanya, Rabu (23/8/2017).

Baca Juga :  Waduh, Produsen Aqua Didenda Rp 13 Miliar karena Praktik Monopoli

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa pengajuan kasasi terdakwa pada pidana khusus yang diterima oleh MA tanggal 12 April 2017 terkait kasus korupsi Jambu Dua ditolak, sementara kasasi diajukan jaksa dikabulkan. (Haris Albasith)

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here