- Advertisement -
Advertising
Beranda RANAH Lokasi Kawasan Imigran Kawin Kontrak Akan Ditertibkan

Lokasi Kawasan Imigran Kawin Kontrak Akan Ditertibkan

Cibinong  –   Keseriusan pemerintah Kabupaten Bogor dalam menangani lokasi imigran yang sering melakukan kawin kontrak di kawasan Puncak, boleh diberi jempol. Tak hanya itu, izin usaha untuk semua sektor pun di kawasan Puncak, akan diperketat dan segera dilakukan penertiban oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat.

Usai melantik 210 orang pejabat eselon III dan IV di Gedung Setda Kabupaten Bogor, Rabu 12 Agustus 2020 lalu, Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin, mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat dengan dinas terkait untuk membahas keberadaan kawasan itu yang dikenal juga sebagai Kampung Arab.

“Kita punya tim terpadu ya, yang kita buat sebelum Covid-19 untuk terlusuri terkait kawasan kawin kontrak itu. Sekarang harus jalan lagi,” ujar Ade kepada wartawan.
Selain itu, langkah tegas dilakukan lantaran banyaknya laporan tentang imigran yang dianggap mengganggu ketentraman warga lokal di Puncak, termasuk juga dengan bangunan yang tak memiliki atau menyalahgunakan izin, wajib ditindak,” ujar Ade.

“Selain itu, juga terhadap bangunan yang tidak berizin sekaligus tempat usaha yang dimiliki oleh orang luar katanya dengan mengatasnamakan orang kabupaten akan kita cek dan inventarisasi lalu nanti kita tertibkan,” sambung Ade.
Terpisah, Camat Cisarua, Deni Humaedi menegaskan, masalah kawin kontrak di wilayahnya, di klaim tidak melibatkan warga Puncak sama sekali. Dia menyebut, Kantor Urusan Agama (KUA) Cisarua juga melarang keras praktik yang tidak sesuai ajaran agama tersebut.

Kalo kawin kontrak itu bukan oleh wanita disini, mereka kebanyakan dari luar wilayah kita. Selain itu sudah pasti di bawah tangan, karena KUA kita tidak mengizinkan pernikahan seperti itu apalagi tidak ada identitas. Kasian nanti jika ada anak akan sulit mengurus identitasnya juga karena gak ada buku nikah,” kata Deni.

Baca Juga :  Hari Ini PSBB Bodebek Dilaporkan Gubernur Jabar Ke Presiden

Sementara itu, staf Desa Tugu Utara, Doni Adi menyebutkan, imigran yang tinggal di wilayahnya berasal dari negara konflik yang ingin mencari suaka. Desa Tugu Utara dan Selatan di Kecamatan Cisarua selama ini dikenal sebagai Kampung Arab, lantaran banyak imigran dan toko dengan label bahasa Arab guna menarik wisatawan.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengatakan, dewan siap mengambil langkah-langkah yang proaktif untuk melindungi masyarakat, khususnya di kawasan Puncakitu. Bahkan, Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy juga menyebutkan sudah ada rencana untuk menindak permasalahan yang menjadi sorotan masyarakat luas tersebut.

Baca Juga :  HMI MPO Kantongi Bukti Penyimpangan Proyek di PUPR

 

Tim PolBo  l  Jacky

 

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here