- Advertisement -
Advertising
Beranda ROMANSA Mau Tahu Penghasilan Raja Dangdut Rhoma Irama Perbulannya? Ini Pundi-pundi Fulusnya

Mau Tahu Penghasilan Raja Dangdut Rhoma Irama Perbulannya? Ini Pundi-pundi Fulusnya

NAMA Rhoma Irama sangatlah akrab di telinga masyarakat  Indonesia. Dari generasi zaman jadul sampai zaman now,  bisa dipastikan mengenal biduan laki-laki yang bergelar Raja Dangdut itu. Sejak tahun 80an, ayah dari Ficky Rhoma Irama, calon Wakil Bupati Bogor periode 2018-2023, sudah ada di layar televisi dan layar lebar.

Boleh dibilang, Rhoma Irama adalah artis terbesar yang pernah dimiliki Indonesia. Di tahun 80an, di masa puncak jayanya Rhoma Irama, berdasarkan data penjualan kaset, dan jumlah penonton film-film yang dibintanginya, jumlah penggemar Rhoma tidak kurang dari 15 juta atau sekitar 10% penduduk Indonesia. Sampai saat ini, prestasi itu belum bisa disaingi oleh artis mana pun.

Rhoma Irama adalah seniman besar. Sepanjang kariernya, ia telah menciptakan kurang lebih 1000 buah lagu dan bermain di lebih 20 film. Lagu-lagunya mudah dinyanyikan dan menyentuh segela segmen. Lagu ciptaanya tidak hanya bertema percintaan, namun kritik sosial dan  bernuansa dakwah.

Nah, dengan jumlah lagu yang begitu banyak itu, maka tak heran jika situs Mojok.co bisa menyimpulkan bahwa urusan menghitung penghasilan Rhoma Irama adalah soal menghitung royalti dari lagu-lagunya. Dan hal ini ternyata benar adanya.  Rhoma Irama adalah pedangdut dengan jumlah royalti  terbesar dan terbanyak di Indonesia.

“Kalau bicara royalti individu, Haji Oma masih yang di atas,” ujar Sekjen Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI), Waskito.

Maklum saja, menurut PAMMI, lagu-lagu Rhoma Irama memang menjadi lagu yang paling banyak dinyanyikan di outlet-outlet karaoke. Di Happy Puppy saja, misalnya, lagu Rhoma Irama bisa dinyanyikan sebanyak 2 juta kali dalam satu tahun, belum outlet karaoke yang lain.

Berdasarkan data dari Royalti Anugerah Indonesia (RAI), dalam setiap semester, Rhoma Irama bisa menerima sampai Rp 300 juta. Itu artinya, dalam satu bulan, Rhoma setidaknya mendapatkan Rp 50 juta dari royalti lagu-lagunya.

Baca Juga :  Wah, Gaji Anies dan Sandi Enggak Sampai Rp 10 Juta Perbulan

Angka 50 juta tersebut adalah angka tahun 2014. Sedangkan di tahun 2018, jumlahnya diperkirakan mencapai Rp 200 juta alias naik 4 kali lipat. Sebab, jumlah royalti dari tahun ke tahun menurut RAI semakin meningkat, seiring jumlah pendataan tempat karaoke di seluruh Indonesia.

Lalu darimana lagi pundi uang Rhoma Irama selain royalti ? Dia juga masih menerima honor dari manggung dari acara live di televisi. Seperti diketahui, Rhoma Irama (bersama Zaskia Gotik, Siti Badriah, Cita Citata, dan Rita Sugiarto) masih tercatat sebagai pedangdut dengan tarif manggung on-air terbanyak.

Untuk satu kali manggung, Rhoma Irama disebutkan menerima honor sampai 100 juta. Itu adalah honor bersih di luar kawan-kawannya di Soneta.  Dalam satu bulan, dia bisa manggung sampai 10 kali. Itu artinya, dari manggung saja, dalam satu bulan Rhoma mengumpulkan fulus sampai Rp 1 miliar.

Baca Juga :  Rayuan Pemkot Bogor Luluhkan Hati Abdullah Salim

Bagaimana jika digabung antara honor manggung dengan pendapatan royalti ? Maka jumlah penghasilan Rhoma Irama dari  karirnya sebagai biduan dangdut adalah sebesar RP 1,2 miliar per bulan. Berarti, dalam satu tahun, ayah Ficky Rhoma Irama,calon Wakil Bupati Bogor ini mendapatkan fulus sebanyak Rp 14,4 miliar.

Dengan uang segitu, siapa pun pasti bisa berjudi, begadang, dan mirasantika sesuka hatinya. Tapi tidak dengan Bang Haji Rhoma Irama. Sebab baginya, itu semua adalah perbuatan yang Teeer… laaaa… luuuu…

 

MOJOK | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here