- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Nih Dia . . Daftar Bantuan Buat Masyarakat

Nih Dia . . Daftar Bantuan Buat Masyarakat

Bogor  –  Walau tidak semuanya, namun akhirnya Pemerintah melanjutkan sejumlah program bantuan sosial (bansos) yang sebelumnya telah dikucurkan pada 2020. Ini, untuk mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah pandemi Covid-19. Namun, ada juga program yang disetop.

Kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam keterangannya, Minggu lalu di kantornya, alokasi anggaran untuk PEN di 2021 mencapai Rp553,1 triliun. Angka ini berpotensi mengalami kenaikan jika insentif usaha telah dimasukkan.

“Jadi kemungkinan program PEN 2021 bisa lebih tinggi lagi, jika insentif usaha dalam perpajakan sudah dapat dilaporkan,” katanya. Dia merinci ada empat yang telah masuk dalam anggaran Rp553,1 triliun itu yakni kesehatan, perlindungan sosial, program prioritas, serta UMKM dan pembiayaan korporasi.

Untuk perlindungan sosial, kebijakan 2020 yang masih berlanjut di 2021 yakni :

  1. Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH, disalurkan tiap 3 bulan pada Januari, April, Juli, dan Oktober 2021, melalui bank anggota HIMBARA.
  2. Kartu Sembako, atau Bantuan Pangan Nontunai dalam bentuk non tunai yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warung yang bekerjasama dengan bank.
  3. Kartu Prakerja, adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  4. BLT Dana Desa, adalah bantuan uang kepada keluarga miskin di desa yang bersumber dari Dana Desa untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19, sebesar Rp600.000 setiap bulan, untuk setiap keluarga miskin yang memenuhi kriteria dan diberikan selama 3 bulan dan Rp300.000 setiap bulannya untuk tiga bulan.
  5. Bansos Tunai, untuk warga terdampak Covid-19 pada 2021, jadi tidak lagi berupa sembako, melainkan berbentuk bantuan senilai Rp300.000, untuk masyarakat yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
  6. Subsidi Kuota PJJ, untuk melanjutkan program bantuan subsidi internet bagi siswa, mahasiswa, guru serta dosen di 2021.
  7. Diskon Listrik. Ada dua jenis diskon yang diberikan, pertama, diskon listrik 100 % untuk pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA.
Baca Juga :  Pilkada Bogor 2018, Dua Ade Head to Head, Adakah Kuda Hitam?
Baca Juga :  Pilkada Bogor 2018, Dua Ade Head to Head, Adakah Kuda Hitam?

Kedua, diskon 50 % untuk pelanggan pascabayar golongan rumah tangga 900 VA bersubsidi. Adapun pelanggan golongan rumah tangga prabayar 900 VA mendapatkan diskon tarif listrik untuk pembelian token sebesar 50 %.

Menanggapi hal itu, Syamsudin warga, Kecamatan Bogor Barat, yang di PHK saat pamdemi, mengatakan, Älhamdulillah masih dikasih bantuan, bisa ringankan kebuthan hidup rumah tangga saya,” katanya.

Tim PolBo –  Jacky Wijaya

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here