- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Nyatakan Siap Maju di Pilbup Bogor 2018, Maman Daning : Saya Paling...

Nyatakan Siap Maju di Pilbup Bogor 2018, Maman Daning : Saya Paling Senior

Haji Maman Daning (HMD) | Istimewa

TOKOH kharismatik wilayah timur Bogor ini benar-benar memberi kejutan. Kunjungan hampir semua bakal calon kepala daerah dan elite politik di Kabupaten Bogor ke rumahnya, ibarat membangunkan macan tidur. Tak ada yang  menghitung sosok Haji Maman Daning bakal maju di pemilihan bupati dan wakil bupati Bogor tahun 2018.

Banyak yang meragukan kebenaran rencana pencalonan Ketua Ikatan Keluarga Besar Cimande (IKBC) Jawa Barat ini, seperti yang diberitakan polbo (baca : Sinyal Kuat Poros Baru Usung Maman Daning di Pilbup Bogor 2018 )

Untuk menjawab keraguan tersebut, HMD meluangkan waktu khusus untuk bertemu tim polbo. Berikut petikan wawancara dengan HMD di RM Ayam Panggang Atok, Cibinong, Selasa 12 Desember 2017 :

Seperti yang kami beritakan bahwa Pak HMD akan mencalonkan bupati di pilkada 2018, benarkah?

HMD : Jika memang semuanya sepakat dan mendukung, atas izin Allah SWT, Insya Allah saya siap maju sebagai calon bupati. Keputusan saya maju ini untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bogor. Agar semuanya jauh lebih dibanding kondisi sekarang.

Pada Pilkada tahun 2008 Pak HMD maju melalui jalur perseorangan, untuk hajat pilkada 2018 dengan kendaraan apa?

HMD : ya, sebelumnya memang saya maju sebagai calon bupati jalur independen. Adapun untuk pencalonan pilkada tahun 2018, yang pasti bukan jalur perseorangan. Karena KPU sudah menutup penyerahan syarat dukungan sejak tanggal 29 Nopember lalu.

Artinya maju dengan perahu partai politik. Nah partai apa saja yang akan menjadi pengusung Pak HMD?

HMD : Saya sudah merajut silaturrahmi dan intens komunikasi dengan beberapa partai, seperti PKS dan Demokrat. Tapi semuanya belum ada penandatangan perjanjian atau MoU. Dengan Demokrat saya punya histori panjang. Adapun dengan PKS, Alhamdulillah sudah pertemuan dengan pimpinan di tingkat kabupaten maupun pengurus pusat. Tokoh PKS Pak Tb. Soemandjaja ( Ketua Fraksi PKS di DPR RI) itu guru mengaji saya.

Kalau begitu kendaraan utamanya adalah Poros baru PKS dan Demokrat ?

HMD : Ya, yang sudah membuka peluang bagi saya Demokrat dan PKS. Insya Allah komunikasi kami selama ini berjalan baik. Sekarang masih berproses. Apapun hasilnya nanti saya berserah kepada Allah SWT.

Baca Juga :  Hasil Riset Indekstat, Bima Arya Masih bisa Dikalahkan

Rencana pencalonan Pak HMD terkesan mendadak dibandingkan kandat lain. Partai pengusung apa meminta mahar politik?

HMD : Waduh, kalau untuk itu, daripada saya harus bayar mahar lebih baik tidak sama sekali. Karena menurut ajaran Islam tidak diperbolehkan dan haram, sama dengan nyogok kan. Nah awal kan saya sudah bilang, saya siap maju lagi demi kepentingan masyarakat agar lebih baik lagi. Kalau diae saya main mahar bearti saya sudah berbuat dosa. Terus bagaimana nanti kalau saya jadi bupati?

Jadi Pak HMD enggak mau mengeluarkan mahar, terus bagaimana kalau tidak diberi rekom oleh partai?

HMD : loh enggak apa-apa. Saya mending tidak. Saya tegaskan ya, di zaman sekarang kalau masih bermain mahar-maharan atau apalah namanya, negara republik ini enggak akan maju-maju, dan nanti akan tersandera juga.

Baca Juga :  Hari Ini Ade Wardhana-Asep Ruhiyat Serahkan 253 Ribu KTP Dukungan ke KPU

Hari ini kenapa banyak kepala daerah tersandung kasus, ya gara-gara itu, di awalnya mereka sudah mengeluarkan dana dosa, belum kedepannya, keperluan lainnya untuk kampanye dan sosialisasi.

Nah kalau dipaksain, akan terjadi hal buruk tadi, seharusnya dana APBD di pergunakan untuk Rakyat ini malah habis digerogoti oknum, terus ujungnya pada kesandera kan? (HMD seraya terseyum).

Apabila dimaktubkan menjadi kontestan pilbup, apa strategi untukmelawan para balon kepala daerah lain, yang sudah lebih dulu bergerak?

HMD : Begini, diantara yang ada, saya ini bakal calon yang paling senior jadi tinggal mengaping saja dan menjadi contoh yang baik kepada junior dalam pertarungan pilkada nanti. Saya tetap jaga silaturahmi dan selalu mengutamakan kondusivitas pada masa tahapan pilkada. Intinya berkompetisi secara sehat dan taat perturan. Jangan pernah sekali-kali bermain dengan cara kotor, karena itu akan merugikan masyarakat , sebagai calon pemimpin, kami harus bisa menjadi contoh yang baik kepada masyarakat.

 

 

M.A MURTADHO | HERRY SETIAWAN | ARIE SURBAKTI | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here